Categories: DaerahkuMaluku

Kapolda Renovasi Monumen Karel Sadsuitubun untuk Edukasi dan Wisata Sejarah

Share

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, meninjau pekerjaan renovasi monumen Aipda (Anm) Karel Sadsuitubun, Pahlawan Revolusi di Desa Rumadian, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Maluku, Sabtu (4/2/2023).

Saat meninjau pekerjaan renovasi monumen Karel Sadsuitubun, Kapolda didampingi Kabinda Maluku Brigjen TNI Anton Irianto Popang, Karo Ops Kombes Pol Asep Saepudin, Dansat Brimob Kombes Pol Dostan Siregar, Direktur Intelkam Kombes Pol I. Gede Arsana, dan Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat.

Tiba di desa Rumadian, Kapolda disambut meriah. Ia disambut dengan tarian selamat datang yang dibawakan anak-anak desa Rumadian.

“Hari ini kami mengunjungi desa Rumadian untuk melihat progres pekerjaan monumen Karel Sadsuitubun yang merupakan salah satu Pahlawan Revolusi, dan kebetulan beliau dari Polri,” kata Kapolda Maluku, Lotharia Latif.

BACA JUGA: Dorong Pemda segera Tangani Dampak Konflik Sosial di Tual

Renovasi monumen Karel Satsuitubun yang dilakukan Polda Maluku, kata Irjen Latif, bertujuan untuk mengenang dan melestarikan perjuangannya.

“Ada beberapa tempat sudah menggunakan nama Karel Sadsuitubun yakni Bandara Ibra di Langgur, kapal KRI Karel Sadsuitubun. Dan kami melihat di sini tempat beliau tumbuh besar, saya lihat di belakang ada monumen yang dibuat masyarakat, sehingga perlu kami sempurnakan lagi,” jelasnya.

Renovasi monumen salah satu korban Gerakan 30SPKI itu agar lebih representatif, kata Latif, sudah menjadi komitmen Polda Maluku. Hal itu dilakukan sebagai edukasi dan untuk dijadikan sebagai wisata sejarah.

”Kami berharap setelah disempurnakan monumen Karel Sadsuitubun akan jadi sarana edukasi sebetulnya bagi pendidikan anak – anak dan masyarakat, ” kata mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur ini.

Irjen Latif juga berharap dengan penyempurnaan monumen Pahlawan Karel Sadsuitubun akan memberikan nilai dan dampak besar bagi masyarakat luas, khususnya di Ohoi Rumadian.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Ini Kronologis Kecelakaan di Asilulu, Satu Meninggal, 10 Terluka, Kapolsek: Mobil Tak Mampu Menanjak

AMBONKITA.COM,- Terungkap penyebab terjadinya kecelakaan tunggal yang menewaskan satu orang penumpang di desa Asilulu, Kecamatan…

04/28/2024

Mobil Penumpang Terbalik di Asilulu, Satu Meninggal

AMBONKITA.COM,- Sebuah mobil penumpang berwarna oranye terbalik di tanjakan jalan desa Asilulu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten…

04/27/2024

Mantan Wali Kota Tual Jadi Tersangka, Begini Penjelasan Direktur Krimsus

AMBONKITA.COM,- Penyidik Ditreskrimsus Polda Maluku menetapkan Adam Rahayaan, mantan Wali Kota Tual, sebagai tersangka kasus…

04/26/2024

Sadali Ie Kini Penjabat Gubernur Maluku

AMBONKITA.COM,- Sadali Ie, Sekda Provinsi Maluku resmi dilantik sebagai Penjabat Gubernur Maluku. Ia dilantik Menteri…

04/26/2024

Kapolda Sidak Proses Rekrutmen Polri di SPN Passo

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, melakukan sidak proses rekrutmen Polri di SPN Polda…

04/26/2024

Mahasiswa di Ambon Ditemukan Tewas Gantung Diri

AMBONKITA.COM,- Marcelino Lattu, mahasiswa salah satu perguruan tinggi di kota Ambon, ditemukan tewas gantung diri…

04/26/2024