Categories: AmbonkuHukum Kriminal

Karyawan PT Pasifik Dok Maluku Ditemukan Meninggal, Keluarga Tolak Otopsi

Share

AMBONKITA.COM,- Warga di sekitar pantai Desa Latta, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, digegerkan dengan penemuan sesosok mayat laki-laki di atas talud pantai tersebut, Kamis (11/11/2021).

Mayat yang ditemukan tengkurap itu ialah Erwin Latuputty, karyawan PT Pasifik Dok Maluku. Pria 56 tahun itu ditemukan mengenakan baju bercorak putih, biru, hijau, dan menggunakan celana kain pendek warna cokelat muda.

Sempat dibawa ke Rumah Sakit Tingkat III Bhayangkara Ambon. Hasilnya tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan. Pihak keluarga menolak untuk dilakukan otopsi.

“Pihak keluarga mengikhlaskan kematian Korban dan menolak untuk dilakukan outopsi dan sementara persiapan korban untuk dipulangkan ke rumah duka,” kata Kasubbag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Izaac Leatemia kepada AmbonKita.com.

Izaac mengaku, berdasarkan keterangan medis pada Rumkit Tingkat III Bhayangakara Ambon, menyebutkan korban diduga memiliki riwayat penyakit jantung.

“Menurut keterangan medis RS Bhayangakara bahwa pada korban tidak ada tanda-tanda kekerasan, dicurigai korban mempunyai penyakit bawaan yaitu penyakit jantung,” ujarnya.

Korban ditemukan pertama kali oleh Desly Luhukay, warga Desa Latta. Wanita 34 tahun ini kala itu sedang berada di rumah. Tidak sengaja, pandangannya tertuju ke arah pantai.

“Saat saksi melihat ke arah laut tepatnya di TKP (Tempat Kejadian Perkara) saksi melihat korban sementara dalam posisi tengkurap,” jelasnya.

Saat itu, saksi mengira korban sedang dalam kondisi mabuk. Ia kemudian keluar menuju TKP untuk memastikannya.

“Saat saksi di TKP saksi melihat korban tidak bernyawa lagi selanjutnya saksi melaporkan kepada seorang anggota Polri yaitu Dominggus Titaley,” jelasnya.

Saksi lainnya Very Bakarbessy, 43 tahun, warga Desa Waai, Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah mengaku, sekitar pukul 11.07 WIT, dirinya sementara berada di atas talud tepian pantai. Ia kemudian menghubungi korban melalui telepon genggamnya.

“Saksi menelpon Korban menggunakan Handphone dan mengatakan “Mari Turun Sudah Beta Ganti”,” kata Izaac mengutip keterangan saksi.

Saksi mengaku sebelum ditemukan meninggal, korban bertugas menjaga salah satu Kapal ikan Mahatan Aru Jaya 9 milik PT Pasifik Dok Maluku.

Setelah menghubungi korban, saksi kemudian menunggu di tepian pantai. Berselang 5 menit berlalu, saksi mendengar suara minta tolong. Ia melihat korban sedang berenang dengan jarak sekitar 20 meter.

“Selanjutnya saksi pergi menolong korban menggunakan perahu. Saat menolong korban, korban mengaku sudah tidak kuat lagi,” kata mantan Wakapolsek Nusaniwe ini.

Mendengar pengakuan korban, saksi kemudian meminta sahabatnya itu untuk berpegangan pada perahu, sambil dirinya mengayuh ke pesisir pantai.

“Saat sudah sampai di air yang dangkal, korban berjalan dan meminta saksi untuk menghubungi istrinya untuk datang membawa baju ganti,” pintanya.

Setelah melihat korban berjalan menuju TKP, saksi kemudian pergi mengambil skoci yang sempat digunakan oleh korban dan terbalik.

“Pada saat saksi pergi mengambil skoci yang tenggelam tersebut saksi kembali ke tepi pantai sambil berteriak dan mencari korban,” jelasnya.

Sempat melakukan pencarian dan menemukan korban. Saksi membangunkan korban tapi tidak berhasil. Ia lalu pergi mencari bantuan. Saat kembali, dirinya melihat sejumlah warga sudah berada di TKP.

“Saat itu saksi meminta tolong warga untuk melihat kondisi korban, sambil . mengatakan bahwa dirinya ingin menambah minyak pada mesin Alkon Kapal,” jelasnya.

 

Penulis: Husen Toisuta

Recent Posts

Nobar Film Glenn Fredly The Movie, Kapolda: Esensi Film Ini Kita Jaga Kedamaian di Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi pejabat utama Polda Maluku melakukan…

05/08/2024

Ketua KPU Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

AMBONKITA.COM,– Ketua KPU Provinsi Maluku, Muh. Shadhek Fuad, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif…

05/07/2024

Wanita di Ambon Ini Dihukum Empat Tahun Penjara karena Narkotika

AMBONKITA.COM,- Katherina Tawaerubun, Terdakwa kasus peredaran narkotika di kota Ambon dihukum pidana penjara selama empat…

05/07/2024

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024