Categories: AmbonkuHukum Kriminal

Kasus Korupsi ADD Tawiri Ambon Segera Disidangkan

Share

AMBONKITA.COM,- Kasus dugaan korupsi Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Negeri Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, segera disidangkan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi(Tipikor).

Perkara tahun 2015 – 2018 yang menjerat tiga orang tersangka ini bakal disidang setelah berkas perkara mereka dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Klas IA Ambon.

Kasi Penkum dan Humas Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku, Wahyudi Kareba, mengaku, berkas perkara ketiga tersangka masing-masing Raja Negeri Tawiri, Jacob Nicolas Tuhukeruw (JNT), Sekretaris Negeri, Arkilaus Latulola (AL), serta mantan Kaur Umum dan Kasi Kesejahteraan, Samuel Rikumahu (SR), dinyatakan lengkap.

Pelimpahan berkas perkara ketiga tersangka dipimpin Kepala Seksi Penuntutan, Achmad Attamimi.

“Berkas perkara penyimpangan Keuangan Desa Negeri Tawiri tahun 2015 sampai dengan 2018 sudah diserahkan pada Rabu (23/3/22) di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Ambon,” kata Wahyudi kepada AmbonKita.com, Jumat (25/3/2022).

Dengan dilimpahkannya berkas perkara ketiga tersangka, maka tidak lama lagi, kasus tersebut akan segera bergulir di Pengadilan.

“Tidak lama lagi kasus ini akan disidang di Pengadilan Tipikor,” pungkasnya.

Untuk diketahui, JNT sendiri saat ini masih mendekam di penjara dengan kasus korupsi lainnya yaitu Pendapatan Asli Negeri Tawiri. Sementara SR dan AL ditahan di Rutan Kelas IIA Ambon usai diperiksa sebagai tersangka di Kejati Maluku. SR ditahan Selasa (25/1/2022), dan AL pada Kamis (27/1/2022).

Ketiga tersangka diduga turut serta melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama. Dari hasil pemeriksaan, ketiga tersangka diduga menggunakan ADD dan DD untuk kepentingan pribadi. Perbuatan mereka telah menyebabkan kerugiaan keuangan negara sebesar Rp 3 miliar.

Baca juga: Tiga Tersangka Ditahan Diduga Korupsi ADD Tawiri Rp 3 Miliar

Editor: Husen Toisuta

Recent Posts

Ini Kronologis Kecelakaan di Asilulu, Satu Meninggal, 10 Terluka, Kapolsek: Mobil Tak Mampu Menanjak

AMBONKITA.COM,- Terungkap penyebab terjadinya kecelakaan tunggal yang menewaskan satu orang penumpang di desa Asilulu, Kecamatan…

04/28/2024

Mobil Penumpang Terbalik di Asilulu, Satu Meninggal

AMBONKITA.COM,- Sebuah mobil penumpang berwarna oranye terbalik di tanjakan jalan desa Asilulu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten…

04/27/2024

Mantan Wali Kota Tual Jadi Tersangka, Begini Penjelasan Direktur Krimsus

AMBONKITA.COM,- Penyidik Ditreskrimsus Polda Maluku menetapkan Adam Rahayaan, mantan Wali Kota Tual, sebagai tersangka kasus…

04/26/2024

Sadali Ie Kini Penjabat Gubernur Maluku

AMBONKITA.COM,- Sadali Ie, Sekda Provinsi Maluku resmi dilantik sebagai Penjabat Gubernur Maluku. Ia dilantik Menteri…

04/26/2024

Kapolda Sidak Proses Rekrutmen Polri di SPN Passo

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, melakukan sidak proses rekrutmen Polri di SPN Polda…

04/26/2024

Mahasiswa di Ambon Ditemukan Tewas Gantung Diri

AMBONKITA.COM,- Marcelino Lattu, mahasiswa salah satu perguruan tinggi di kota Ambon, ditemukan tewas gantung diri…

04/26/2024