Categories: AmbonkuHeadline

Kelola Sampah Pemkot Ambon Kerjasama dengan Belanda

Share

AMBONKITA.COM,- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bekerjasama dengan perusahaan asal Belanda yakni MVO Nederlands terkait pengelolaan sampah. Kerjasama serupa juga dengan PT. Milion Limbah Ambon (MLA).

Kerjasama pengelolaan sampah ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang berlangsung di Swissbell Hotel, Kota Ambon, Senin (15/8/2022).

MoU ditandatangani oleh Ardi Stoios Braken, perwakilan kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Indonesia dan Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, dan perwakilan para pihak lainnya.

Wali kota Ambon, Bodewin Wattimena mengaku, permasalahan sampah jadi salah satu persoalan utama yang dihadapi Pemkot. Ini karena keterbatasan dalam sarana dan prasarana, serta sumber daya manusia.

“Pemkot terus berupaya melakukan berbagai hal dalam menyelesaikan persoalan sampah dan salah satu kebijakan prioritas yang ditetapkan adalah mewujudkan Ambon bersih, termasuk pengelolaan sampah secara baik,” kata Wattimena.

Menurutnya, salah satu upaya untuk pengelolaan sampah, adalah merubah sistem konvesional. Yaitu tampung, angkut dan buang, menjadi sistem yang lebih maju. Dengan melakukan delegasi pengolahan sampah secara terpadu hingga tingkat desa atau negeri dan kelurahan.

“Yang terpenting dari pengelolaan sampah mencakup 3K yakni konsep kolaborasi dan kosistensi, dimana dengan pendandatanganan MoU ini ada konsep dan kolaborasi yang dilakukan,” harapnya.

Penandatanganan MoU, kata Wattimena, dilakukan setelah terjadi perubahan dalam lokasi yang ditentukan untuk pengelolaan sampah plastik dari Airlouw ke Negeri Rutong.

“Kerjasama ini kita sudah jajaki beberapa waktu lalu, dan kita pindahkan lokasi dari Airlouw ke Rutong untuk pengelolaan sampah plastik, dimana pengelolaan sampah plastik terpadu dibangun atas kerjasama dengan PT. MLA,” pungkasnya.

BACA JUGA: 400 Liter Miras Selundupan dari Seram Digagalkan Polsek Baguala

Di tempat yang sama, perwakilan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Indonesia, Ardi Stoios Braken, memberikan apresiasi kepada Pemkot Ambon yang telah bekerjasama dalam mengatasi pengelolaan sampah.

Page: 1 2

Recent Posts

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024

Kapolda Ingatkan Personel Tingkatkan Soliditas Internal dan Sinergisitas Instansi Terkait

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kembali mengingatkan personel untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat,…

05/06/2024

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024