Categories: DaerahkuMaluku

Kementan RI Gelar Rakorwas Ketahanan Pangan di Maluku Dibuka Gubernur

Share

AMBONKITA.COM,- Kementerian Pertanian (Kementan) RI melalui Inspektorat Jenderal (Itjen) bersama Aparatur Penegak Hukum (APH) di Provinsi Maluku, menggelar Rapat Koordinasi Pengawasan (Rakorwas) Bidang Ketahanan Pangan di kota Ambon, Kamis (24/11/2022).

Rakorwas yang dihelat untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi dalam mensukseskan program jaga pangan ini dibuka oleh Gubernur Maluku Murad Ismail.

Hadir dalam kegiatan itu Irjen Kementan RI Jan Samuel Maringka, Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan Leonard de Fretes, Kepala Perwakilan BPKP Maluku Yunaedi, Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Edyward Kaban, dan Anggota Komisi IV DPD RI Saadiah Uluputty.

Gubernur Maluku dalam sambutannya menyampaikan Pemerintah Provinsi Maluku menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan Kementrian Pertanian RI tersebut.

Gubernur Murad mengaku kegiatan ini sebagai bukti dan tekad serta kepedulian bersama untuk menjaga ketersediaan produk ketahanan pangan dan pemanfaatannya.

“Pemerintah Provinsi Maluku, terus berupaya untuk mengembangkan pangan lokal melalui sumber daya manusia secara berkelanjutan untuk meminimalisiir inflasi,” kata mantan Dankor Brimob Polri ini.

BACA JUGA: Pengukuhan Adat Raja Laimu Wagub Maluku Salurkan Bantuan

Langkah – langkah  pengendalian ketahanan pangan juga telah dilakukan Pemerintah melalui program tanam cabe dan bawang merah, selain itu melakukan operasi pasar serta memastikan produksi ketersediaan pangan di Maluku.

“Harapan Pemerintah Provinsi Maluku dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat menghasilkan langkah – langkah kongkrit yang menjadi acuan bersama dalam rangka kemandirian pangan di Maluku, kendati saat ini kita berada dalam krisis ketahanan pangan sebagai dampak konflik Rusia dan Ukraina serta juga perubahan iklim,” ungkapnya.

Sementara itu, Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian RI Jan Samuel Maringka, mengaku Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementrian Pertanian RI tidak bisa bekerja sendiri, namun kita hadir bersama – sama untuk melihat potensi dan program – program strategis nasional khususnya bidang pangan untuk membangun Maluku kedepannya.

Mantan Kajati Maluku ini mengaku sangat membutuhkan peran serta dukungan stakholder dan aparat penegak hukum untuk bersinergi serta bekerjasama melakukan pengawasan ketersediaan ketahanan Pangan di Kabupaten/Kota se – Maluku.

“Pertanian juga merupakan bagian dari program strategis nasional, oleh karena itu implementasinya diharapkan lebih cepat dan tidak ada kendala, sehingga bisa memberikan dampak postif bagi masyarakat Maluku dan khususnya Indonensia,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Kementerian Pertanian juga memberikan bantuan kepada Pemda Provinsi Maluku. Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Jan Samuel Maringka kepada Gubernur Maluku Murad Ismail.

Bantuan yang diserahkan diantaranya peremajaan tanaman kelapa 100 hektar, perluasan tanaman pala 300 hektar, prasarana fasilitas pengolahan sagu 2 unit, sarana fasilitas pengolahan sagu 3 unit dan rehabilitasi tanaman cengkeh 100 hektar.

Untuk diketahui, pembukaan Rakorwas Bidang Ketahanan Pangan ini dipimpin langsung Irjen Jan Samuel Marinka.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024

Kapolda Ingatkan Personel Tingkatkan Soliditas Internal dan Sinergisitas Instansi Terkait

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kembali mengingatkan personel untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat,…

05/06/2024

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024