Categories: Ambonkukesehatan

Kenali PCOS dan Bahaya yang Mengintai pada Kesuburan Wanita

Share

AMBONKITA.COM,- Rumah Sakit Siloam Ambon menggelar health talk (bicara kesehatan) terkait Bahaya PCOS Pada Kesehatan Wanita. Healt talk yang dibawakan dr. Irene Leha Sp.OG ini berlangsung yang di Rumah Sakit Siloam Ambon.

PCOS (polycystic ovary syndrome) atau SOPK (sindrom ovarium polikistik) merupakan salah satu gangguan hormon yang terjadi pada seorang wanita di masa usia subur.

Gangguan hormonal tersebut, kata dr. Irene yang paling sering dialami oleh wanita usia reproduksi. Angka kejadiannya sekitar 10-15% (1 di antara 10 wanita menderita PCOS).

Sindrom PCOS merupakan kondisi kompleks yang didiagnosis terdapat 2 dari 3 kriteria. Diantaranya Kelebihan Kadar Hormon Androgen, dan Gangguan Ovulasi.

Gambaran ovarium dengan folikel (rumah sel telur) yang kecil-kecil seperti untaian kalung mutiara pada pemeriksaan USG Transvaginal. Sehingga perlu anamnesis riwayat, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang guna memastikan diagnosisnya.

Gangguan Endokrin menjadi salah satu gangguan yang diakibatkan oleh sindrom PCOS. Gangguan ketidakseimbangan hormon ini menyebabkan sel telur tetap kecil dan tidak berkembang menjadi sel telur yang besar dan matang.

BACA JUGA: Koalisi Masyarakat Sipil Nilai Pemda Abai Tangani Kasus Perempuan di Maluku

Hal tersebut menyebabkan sel telur tidak dapat dibuahi oleh sperma yang dapat mengakibatkan gangguan pada proses kehamilan.

Faktor Risiko dan Penyebabnya

Penyebab PCOS, kata Irene hingga saat ini belum diketahui pasti. Teori primer pada kelainan metabolisme menunjukan bahwa kompensasi gangguan fungsi insulin akibat kadar hormon insulin yang berlebihan menjadi penyebab utama dari gambaran sindrom ini. Beberapa penyebab lain dari PCOS adalah karena faktor Genetik dan Lingkungan.

Pada wanita dengan PCOS, folikel kecil yang berdiameter 4 hingga 9 mm menumpuk di ovarium. Folikel ini tidak dapat berkembang ataupun tumbuh hingga menjadi ukuran normal, dan akan memicu ovulasi. Akibatnya, kadar estrogen, progesteron, LH dan FSH menjadi tidak seimbang. Androgen dapat meningkat pada wanita yang mengidap PCOS karena tingginya kadar LH dan Insulin yang biasanya terlihat pada pasien.

Gejala Klinis dan Dampaknya

Gejala yang umumnya terjadi adalah gangguan siklus haid, gambaran kelebihan hormon androgen seperti pertumbuhan rambut berlebih dan di tempat yang tidak biasanya, jerawatan, kebotakan.

PCOS yang tidak ditangani dengan tepat dapat menimbulkan beberapa komplikasi yang berisiko, antara lain: Gangguan pola haid; Infertilitas; Kanker endometrium; Gangguan metabolik (resistensi insulin/DM, hipertensi, dislipidemia): Gangguan Tidur dan makan; Kecemasan berlebihan, Keguguran, persalinan prematur, dan komplikasi lain seperti hipertensi atau DM dalam kehamilan.

“Diperlukan kesadaran untuk melakukan pencegahan sedini mungkin dengan melakukan pola hidup sehat. Mengubah pola makan dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan rendah gula, Berolahraga secara teratur, Mengendalikan berat badan dan memeriksakan diri sedini mungkin jika mengalami keluhan perubahan/gangguan pola haid serta gejala-gejala yang disebutkan sebelumnya,” harap dokter Spesialis Obstetri dan Ginekolog di Siloam Hospital Ambon tersebut, Rabu (23/11/2022).

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024

Kapolda Ingatkan Personel Tingkatkan Soliditas Internal dan Sinergisitas Instansi Terkait

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kembali mengingatkan personel untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat,…

05/06/2024

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024