Categories: MalukuOlahraga

Ketum KONI Pusat Harap Maluku Kembali Melahirkan Atlet Berkelas Dunia

Share

AMBONKITA.COM,- Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, berharap provinsi Maluku ke depan dapat melahirkan atlet-atlet berkelas dunia.

Hal itu disampaikan saat membuka Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) XI KONI Maluku, yang berlangsung di aula lantai 7 Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Selasa (1/3/2022).

Maluku, kata dia, merupakan gudang atlet-atlet terbaik bagi Indonesia. Hanya saja, pada penyelenggaraan PON Papua, hanya mampu memperoleh 5 medali emas dari tiga cabang olahraga (Cabor). Yaitu 3 medali emas di Cabor dayung, 1 tinju dan 1 atletik.

Ia berharap dengan potensi yang dimiliki tersebut, Maluku dapat lebih maju lagi. Salah satu caranya adalah dengan mengoptimalkan Cabor unggulan.

“Cabor tinju kalau cuma 1 medali emas saya rasa kurang, Maluku dulu punya Elyas Pical juara dunia tinju, kenapa kita tidak bisa lahirkan yang seperti itu,” kata dia.

Pengurus KONI provinsi Maluku ke depan diharapkan mempunyai komitmen yang kuat bahwa Maluku harus jauh lebih maju dari sekarang.

“Untuk itu optimalkan Cabor unggulan (olahraga Air, tinju dan atletik), karena dipaksakan semua cabor prosesnya akan lama,” sebutnya.

KONI Pusat sendiri, kata dia, memiliki harapan Maluku dapat melahirkan atlet untuk mewakili Indonesia dikompetisi Internasional seperti era-era sebelumnya.

Pemerintah Pusat, lanjut dia, telah melahirkan grand desain olahraga nasional yang dikeluarkan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Dalam grand desain tersebut, Jenderal bintang 3 Purnawirawan TNI itu mengaku Indonesia menargetkan kenaikan peringkat dalam event olahraga Internasional.

“Dalam desain besar ada target dengan harapan olimpiade di Paris peringkat yang tadi di Olimpiade Tokyo 50 naik jadi 40 atau 30 di Paris nanti,” katanya.

Olehnya itu, Marciano mengaku jika Maluku berkonsentrasi di cabor Olimpiade, dirinya yakin Tim Nasional (Timnas) Indonesia akan semakin kuat.

“Kalau Maluku berkonsentrasi di cabor Olimpiade, saya yakin timnas pada Sea Games, Asia Games dan Olimpiade akan kuat dengan atlet Maluku menjadi tulang punggung nasional,” tandasnya.

Sementara itu, Gubernur Maluku, Murad Ismail dalam sambutanya mengatakan pelaksanaan Musorprov merupakan amanat organisasi dalam rangka penataan dan pengembangan organisasi KONI Maluku ke depan.

Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail saat memberikan sambutan pada kegiatan pembukaan Musyawarah Olahraga Provinsi XI KONI Maluku, di aula lantai 7 Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Selasa (1/3/2022). (Foto: Istimewa)

Momen ini diharapkan dapat dimanfaatkan semua pihak untuk menentukan langkah konstruktif guna melahirkan atlit dan pelatih yang baik.

“Saya berharap, momen ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh seluruh pengurus KONI, pengurus induk organisasi serta masyarakat pemerhati dan pecinta olahraga, dalam melakukan langkah konstruktif guna meningkatkan prestasi dan melahirkan atlet, pelatih dan wasit yang berkualitas nasional maupun internasional,” kata dia.

Dikatakan, upaya peningkatan prestasi olahraga tidak dapat dilakukan melalui cara instan. Olehnya itu seluruh pengurus induk Cabor dan Pengurus KONI untuk lebih inovatif, dalam rangka mencari sumber pendanaan yang diperlukan secara legal, baik melibatkan stakeholder maupun masyarakat Maluku.

“Saya pastikan, pemerintah daerah akan mendukung seluruh langkah dan upaya ke arah tersebut,” tegasnya.

Ia menyampaikan, salah satu agenda strategis dalam Musorprov adalah pemilihan pengurus baru KONI Maluku periode 2022-2026.

Menurutnya, siapapun yang dipercayakan sebagai nakhoda KONI Maluku ke depan, adalah sosok yang punya komitmen, kompetensi, kapabilitas serta dapat bersinergi dengan semua stakeholder pemangku kepentingan.

“Termasuk pemerintah pusat dan daerah, dalam meningkatkan prestasi olahraga di Maluku,” pungkasnya.

Editor: Husen Toisuta

Recent Posts

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024

Kapolda Ingatkan Personel Tingkatkan Soliditas Internal dan Sinergisitas Instansi Terkait

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kembali mengingatkan personel untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat,…

05/06/2024

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024