Khutbah Idul Adha di Buru, Kakanwil Ajak Umat Teladani Sifat Nabi Ibrahim dan Siti Hajar

Share

AMBONKITA.COM,- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku, H.Yamin, mengajak umat Islam untuk meneladani sifat Nabi Ibrahim As dan Siti Hajar, berserta anak mereka Nabi Ismail As.

Ajakan tersebut disampaikan saat orang nomor 1 Kemenag di Maluku ini bertindak sebagai khotib shalat Idul Adha di Masjid Al Buruuj, Namlea, Kabupaten Buru, Minggu (10/7/2022).

Hadir dalam shalat Idul Adha 1443 Hijriah Tahun 2022 yaitu Gubernur Maluku Murad Ismail bersama keluarga, Penjabat Bupati Buru, Djalaludin Salampessy, dan sejumlah pimpinan OPD baik di lingkungan Pemerintah Provinsi Maluku maupun Kabupaten Buru.

Pelaksanaan perintah berkurban, kata Yamin, mengajarkan manusia untuk tidak menjadikan kecintaannya kepada hal-hal yang bersifat duniawi, baik itu berupa keluarga, harta benda, maupun jiwa, adalah segala-galanya. Bahkan menjadikannya sebagai alasan pembenar untuk berbuat dzalim dan aniaya kepada sesama.

BACA JUGA: Gubernur Maluku Shalat Id Bersama Masyarakat di Kabupaten Buru

Risalah kurban adalah penegasan bahwa mengorbankan orang lain untuk dan atas nama apapun, tidak dapat dibenarkan, dan tidak boleh terjadi. Risalah kurban adalah perintah untuk memangkas sifat-sifat kebinatangan pada diri manusia.

“Semoga Allah SWT membukakan hati kita, hati saudara kita, hati para pemimpin kita, untuk meresapi makna perjuangan dan pengorbanan untuk menciptakan kesejahteraan bagi sesama, sehingga cita-cita untuk mewujudkan negeri yang adil dalam kemakmuran, dan makmur dalam keadilan dapat tercapai,” harapnya.

Ibadah kurban mengajarkan ketulusan dan kepatuhan kepada Allah dalam segala amal dan perbuatan. Seberat apapun perintah Allah akan dikerjakan dengan patuh dan taat, tidak ada tawar-menawar, apalagi menolaknya.

“Nabi Ibrahim, Nabi Ismail, serta Siti Hajar, telah membuktikannya. Keyakinan yang mendalam bahwa keputusan Allah adalah yang terbaik bagi hamba-Nya, dan harapan yang kuat bahwa janji Allah pasti akan ditepati, bahwa Allah tidak akan pernah menelantarkan hamba-Nya telah menguatkan hati mereka untuk melakukan pengorbanan yang sangat mahal,” ungkapnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024