Categories: Hukum KriminalMaluku

Komnas HAM RI Kunjungi Polda Maluku, Kapolda: Mari Turun Bersama Cegah Dini Konflik Sosial

Share

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menerima kunjungan dari tim Komnas HAM RI yang bertempat di ruang rapat PJU, Markas Polda Maluku, Kota Ambon, Selasa (18/4/2023).

Tim Komnas HAM RI yang berkunjung ke Polda Maluku yakni Komisioner Pemantauan Penyelidikan, Uli Parulian Sihombing. Ia didampingi Karo Dukungan Penegakan HAM, Imelda Saragih, dan Kepala Perwakilan Komnas HAM Maluku Anselmus Bolen beserta tim.

Hadir mendampingi Kapolda yaitu
Irwasda Maluku Kombes Pol Jannus Parlindungan Siregar, Karo Ops, Direktur Reskrimum, Direktur Intelkam, Kabid Humas, Kabid Propam, dan Dansat Brimob Polda Maluku, serta Kapolresta Ambon dan Kapolres Maluku Tengah.

Kedatangan tim Komnas HAM pusat ini selain ingin bersilaturahmi, juga bertujuan untuk melakukan klarifikasi dan menanyakan perkembangan penanganan sejumlah kasus yang diadukan masyarakat.

Kapolda Maluku Lotharia Latif menyambut hangat kedatangan tim dari Komnas HAM RI. Ia menyampaikan ucapan selamat datang di Markas Polda Maluku.

“Kami menyampaikan terima kasih dan senang atas kedatangan Komnas HAM RI di Mapolda Maluku,” kata Kapolda menyambut kedatangan Komisioner Komnas HAM dan tim.

BACA JUGA: Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama Wartawan, Ini Kata Kapolda Maluku

Kapolda mengaku senang dapat menerima kedatangan Komnas HAM, karena dengan demikian bisa menjelaskan secara terperinci terkait berbagai penanganan kasus yang diadukan masyarakat.

“Pada intinya Polda Maluku terbuka dan siap menyampaikan klarifikasi atas aduan-aduan yang disampaikan masyarakat, mari kita turun bersama untuk cegah dini terjadinya konflik sosial,” kata Kapolda.

Kapolda mengaku siap bekerjasama dengan Komnas HAM untuk membuka secara terang benderang, bahkan menuntaskan berbagai permasalahan yang selama ini tak kunjung selesai.

Menurutnya, Maluku merupakan wilayah yang rawan terjadi konflik sosial. Konflik yang terjadi selalu berulang atau dengan persoalan yang sama. Hal ini karena permasalahan pertama yang terjadi tidak dapat diselesaikan secara tuntas.

Kapolda bahkan mengajak Komnas HAM sesuai fungsinya agar bisa melakukan penelitian, pengkajian dan penyuluhan bersama dalam penanganan konflik sosial di Maluku mulai dari tahap pencegahan, penghentian dan pemulihan pasca konflik.

“Komnas HAM RI menyambut baik hal tersebut bahkan memberikan apresiasi kepada Polda Maluku yang berhasil meredam dan menyelesaikan kasus-kasus konflik terutama kejadian di Pulau Haruku yang dijadikan role model oleh Komnas HAM dalam penyelesaian konflik sosial,” katanya.

Sebelumnya, Komisioner Komnas HAM bidang Pemantauan Penyelidikan, Uli Parulian Sihombing, menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Maluku atas waktu dan kesempatannya menerima kunjungan pihaknya.

“Selain bersilaturahmi kami juga ingin berkoordinasi terkait beberapa pengaduan masyarakat kepada Komnas HAM Maluku untuk kami tindak lanjuti,” kata Sihombing.

Selain itu, Sihombing juga memberikan apresiasi kepada Polda Maluku dan jajaran karena telah berhasil menyelesaikan beberapa konflik sosial yang terjadi. Bahkan, sejumlah daerah yang terlibat konflik, saat ini sudah kondusif.

Untuk diketahui, dalam pertemuan tersebut, Irwasda Maluku Kombes Pol Jannus Parlindungan Siregar, Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, dan Kapolres Maluku Tengah, juga menyampaikan perkembangan penanganan berbagai kasus yang ditangani.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024