Categories: MalukuNasional

Kongres Nasional XII GAMKI di Ambon Ditunda, Ini Alasannya

Share

AMBONKITA.COM,- Kongres Nasional ke-XII Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) yang akan dilaksanakan di kota Ambon, Maluku pada 19 Maret 2023 ditunda.

Sedianya, Kongres Nasional GAMKI ini akan dilaksanakan pada 19 – 23 Maret 2023. Namun karena berbagai pertimbangan dari DPP GAMKI di Jakarta, lalu ditunda hingga 13 – 18 Mei 2023 mendatang.

Penundaan Kongres Nasional ke-XII disampaikan Ketua DPD GAMKI Maluku, Heppy Leunard Lelapary, didampingi Sekretarisnya Michael Siahaya dan Ketua Panitia Kongres Nasional, Lucky Wattimury.

“Hasil pertemuan kami, pengurus DPP di Jakarta menunda Kongres pada tanggal 13 sampai 18 Mei 2023,” kata Heppy kepada wartawan di Baileo Oikumene, Kota Ambon, Selasa (14/3/2023).

Heppy mengaku seluruh percakapan dan persiapan sudah dilakukan DPD GAMKI Maluku. Namun karena adanya penundaan sehingga pihaknya harus memberitahukan kepada masyarakat, dan kembali melakukan konsolidasi.

“Prinsipnya pertemuan ini kami lakukan untuk mensosialisasikan ke warga Kota Ambon, masyarakat Maluku, khususnya warga Gereja yang pada awalnya sudah terkonsolidasi untuk menyiapkan momentum ini di tanggal 19 sampai 23 Maret,” ungkapnya.

Setelah ditunda, DPP GAMKI di Jakarta kini kembali melakukan konsolidasi persiapan memasuki kongres. Salah satunya yakni menyesuaikan jadwal para narasumber yang notabene berasal dari kalangan Kementerian.

“Para narasumber ini akan membahas terkait dengan isu-isu pembangunan di Maluku maupun isu-isu nasional yang akan dibahas dalam study meeting di Kongres. Dan terutama melakukan penyesuaian dengan jadwal kehadiran Pak Presiden untuk membuka kongres GAMKI,” jelasnya.

BACA JUGA: Ambon Tuan Rumah Kongres XII GAMKI, Wattimury: Kurang Lebih 700 Peserta akan Datang

Heppy mengaku pihaknya juga akan melakukan konsolidasi, teman-teman panitia harus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait.

“Hari ini dari DPP di Jakarta sudah menyiapkan surat pemberitahuan resmi ke berbagai pihak di daerah, pemberitahuan resmi ke DPRD provinsi, DPRD Kota, Pemerintah provinsi, Pemerintah kota, Polda dan juga Kodam XVI/Pattimura yang awalnya sudah kami lakukan tatap muka audiensi resmi untuk menyampaikan seluruh rangkaian persiapan,” jelasnya.

Terkait dengan penundaan ini, Heppy menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pihak terkait, masyarakat kota Ambon, Maluku, dan khususnya warga Gereja.

“Penundaan terjadi karena semata-mata terkait konsolidasi dari DPP GAMKI mengenai pelaksanaan Kongres tersebut,” kata Lucky Wattimury, Ketua Panitia Kongres Nasional ke-XII GAMKI di Maluku.

Lucky mengaku DPP GAMKI melakukan konsolidasi berkaitan dengan kehadiran DPC dan DPD seluruh Indonesia saat Kongres. Termasuk juga konsolidasi para fasilitator.

“Karena kita semua tau fasilitator yang didatangkan dari Jakarta sebagian juga adalah beragama Muslim,” tambah Lucky.

Karena sebagian fasilitator beragama Muslim, dan apabila Kongres berlangsung pada 19 Maret 2023, maka secara otomatis mereka berada pada suasana bulan suci Ramadan.

“Padahal GAMKI sangat menghargai pluralisme, GAMKI mendukung sepenuhnya bulan suci Ramadan yang dilaksanakan oleh basudara Muslim. Nah dengan demikian atas pertimbangan demikianlah maka DPP GAMKI mengambil langkah untuk menunda kongres pada 13 sampai 18 Mei 2023,” jelasnya.

Di sisi lain, Lucky juga menyampaikan terima kasih atas penundaan Kongres tersebut. Karena dengan begitu, panitia masih memiliki waktu untuk menyiapkan Kongres dengan sebaik-baiknya.

“Panitia juga punya waktu untuk konsolidasi dalam mempersiapkan hal-hal tertentu terutama kerja-kerja teknis berkaitan dengan pelaksanaan Kongres dimaksud,” ungkapnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024

Kapolda Ingatkan Personel Tingkatkan Soliditas Internal dan Sinergisitas Instansi Terkait

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kembali mengingatkan personel untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat,…

05/06/2024

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024