Kongres XII GAMKI Resmi Dibuka Menpora di Ambon, Ini Pesan Presiden RI

Share

AMBONKITA.COM,- Kongres XII Gerakan Angkatan Muda Indonesia (GAMKI) resmi digelar di Gedung Christian Center, Kota Ambon, Maluku, Minggu (14/5/2023).

Kegiatan yang mengusung tema “Pulihkan Bangsa Kami” ini dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, mewakili Presiden Joko Widodo.

Ketua Panitia Kongres GAMKI, Lucky Wattimury, dalam laporannya mengaku peserta kongres yang hadir tercatat kurang lebih 700 orang. Mereka akan berkongres hingga tanggal 18 Mei 2023 mendatang.

Anggota DPRD Provinsi Maluku ini juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada Menpora, Wakil Gubernur Maluku, Pengurus DPP GAMKI, DPD maupun DPC beserta undangan lainnya di Kota Ambon.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada semuanya yang telah datang di kota Ambon, Maluku,” katanya.

Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno, dalam sambutannya berharap Kongres GAMKI dapat melahirkan keputusan yang strategis berskala nasional, tak hanya bagi internal GAMKI semata tapi juga untuk bangsa dan Negara Republik Indonesia.

GAMKI, kata Wagub, sebagai organisasi kepemudaan dikenal sangat getol memperjuangkan akselerasi anak muda yang idealis, vokal, kritis dan inovatif.

“Bagi saya organisasi kepemudaan di Indonesia memang harus memiliki ciri-ciri tersebut, dan mengutamakan kasih, persaudaraan dan perdamaian,” katanya.

Sementara itu, Willem Wandik, Ketua Umum DPP GAMKI dalam pidatonya yang dibacakan Wakil Ketua Umum, Sherly Wattimena, mengatakan, penunjukan provinsi Maluku sebagai tuan rumah Kongres GAMKI 2023, bukan merupakan kebetulan.

“Provinsi Maluku merupakan salah satu penopang kegiatan Gereja di Indonesia Timur,” kata Wattimena, yang kemudian dilanjutkan dengan melounching buku berjudul jejak GAMKI di bumi Raja-raja.

Ketua MPO GAMKI, Michael Wattimena, dalam sambutannya meminta Menpora agar bisa menyampaikan kepada Presiden untuk mewujudkan dua program di Maluku yaitu Lumbung Ikan Nasional (LIN) dan Ambon New Port.

“Kami mohon Menpora dapat menyampaikan kepada Presiden terkait program LIN dan Ambon New Port agar dapat diwujudkan untuk kesejahteraan rakyat Maluku,” pintanya.

BACA JUGA: Kongres Nasional XII GAMKI di Ambon Ditunda, Ini Alasannya

Sementara itu, Menpora Dito Ariotedjo, saat membacakan amanat Presiden Joko Widodo, mengatakan, Indonesia menjadi salah satu negara dengan penduduk usia produktif terbesar di Asia yakni mencapai 191 juta penduduk. Ini berarti 70% sumber daya manusia yang berkualitas berperan penting dalam perekonomian politik dan peningkatan kesejahteraan bangsa.

Salah satu pilar visi Indonesia 2045 adalah pembangunan SDM. Di mana menurut data, Indonesia didominasi oleh generasi milenial dan gen-Z yang sebagian besar merupakan penduduk di kelompok anak, remaja, dan pemuda.

Pemuda memiliki peranan sangat penting dalam pembangunan suatu negara. Berdasarkan data, pemuda Indonesia usia 16- 30 tahun sebanyak 65 juta jiwa di tahun 2022 atau hampir dari seperempat dari total penduduk Indonesia.

“Gambaran kondisi dan tatanan Pemuda Indonesia, kita memiliki tingkat pengangguran terbuka sebesar 13,93%. sementara tingkat pengangguran nasional sebesar 5,86%. Jadi tingkat kepemudaan penganggurannya, lebih tinggi dibanding tingkat pengangguran nasional dan juga mayoritas Pemuda bekerja berstatus non-wirausaha 80,52% sedangkan sebagian kecil pemuda berstatus wirausaha 19,48%. Pemuda yang berusaha sendiri mendominasi status wirausaha pemuda yaitu mencapai 69,3%,” jelasnya.

Undang-undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang kepemudaan menyebutkan bahwa untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional, diperlukan pemuda yang cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, serta memiliki jiwa kepemimpinan juga ada usaha kepeloporan dan kebangsaan.

Undang-undang itu juga menyebutkan bahwa salah satu peran aktif pemuda sebagai agen perubahan diwujudkan dengan mengembangkan kewirausahaan dan kepemimpinan dan kepeloporan sebagaimana tercantum dalam pasal 17. Adapun pasal 25 menggariskan bahwa penemuan kemandirian ekonomi Pemuda termasuk ke dalam pilar pemberdayaan pemuda.

Maka dari itu program mayoritas pemerintah untuk kepemudahan yaitu pemberdayaan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri dan berdaya saing, serta mendukungnya semangat kewirausahaan.  Dan kedua adalah penguatan ideologi Pancasila dan karakter serta budaya bangsa di kalangan pemuda.

Pemerintah dalam hal ini melalui kemenpora juga berusaha untuk meningkatkan nilai indeks pembangunan pemuda khususnya pada domain lapangan dan kesempatan kerja, dan domain partisipasi dan kepemimpinan.

“Jadi peran GAMKI yang penting harus juga ada terobosan dan juga transformatif yang diharapkan. Implementasinya pun harus dilakukan secara kolaboratif antara pusat, daerah dan dunia usaha,” katanya.

Menyadari peran penting pemuda dalam pertumbuhan ekonomi dan daya saing Indonesia, Presiden mengajak seluruh pemangku kepentingan agar dapat berjuang bersama untuk merealisasikan potensi pemuda.

“Kami sendiri bersama Kemenpora berkomitmen untuk mendukung GAMKI dalam upaya akselerasi pembangunannya. Kemenpora sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan OKP khususnya OKP keagamaan karena kita yakin secara struktur masih nyala dan efektif,” katanya.

Ia mengatakan Kemenpora sangat memerlukan kolaborasi yang aktif dan dinamis. Olehnya itu, Kongres GAMKI XII dapat menghasilkan keputusan organisasi yang mendukung pemerintah khususnya Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“Sebagai penutup kami, Saya menyadari bahwa pembangunan kepemudaan suatu negara tidak dapat dipisahkan dari strategi negara tersebut untuk meningkatkan daya saing,” katanya.

Setelah membacakan amanat Presiden, Menpora kemudian secara resmi membuka Kongres XII GAMKI yang ditandai dengan pemukulan tifa. Ia didampingi para petinggi GAMKI dan sejumlah undangan penting lainnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024