Categories: DaerahkuMaluku

Lagi, Rotasi Jabatan di Lingkungan Pemprov Maluku, Kadis Kominfo Diganti

Share

AMBONKITA.COM,- Rotasi jabatan di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi (Pemprov) Maluku kembali bergerak. Kali ini sebanyak 41 pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator, dan Pengawas, dirotasi. Satu diantaranya Kepala Dinas Kominfo, Samuel Estefanus Huwae.

Pelantikan 41 pejabat eselon II, III dan IV ini dilakukan Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Nathaniel Orno. Pengambilan sumpah janji berlangsung di Lantai VII Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Jumat (18/2/2022).

Pejabat Tinggi Pratama yang dimutasi yaitu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Maluku, Samuel Estefanus Huwae. Ia menempati jabatan baru sebagai Asisten Pemerintahan Setda Maluku. Penggantinya adalah Titus F. Renwarin yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Maluku.

Pelantikan eselon II dilakukan berdasarkan SK Gubernur Maluku Nomor 282, sedangkan eselon III dan IV dengan Nomor 283 tahun 2022 tanggal 17 Februari 2022.

Wagub dalam sambutannya mengaku tahun 2022 penuh dengan tantangan. Selain akan segera memasuki tahun keempat kepemimpinan 2019-2024 dengan target-target kinerja pembangunan yang harus dicapai, juga dihadapkan dengan pandemi covid-19.

Barnabas mengatakan banyak kemajuan yang telah diraih dalam berbagai sektor pembangunan. Namun di sisi lain, diharuskan segera mengejar target-target pembangunan yang belum tercapai.

“Kita harus melakukan akselerasi pembangunan, dan itu akan bisa tercapai jika birokrasi dapat bergerak cepat, terukur dalam menerjemahkan dan mengimplementasikan visi dan misi pemerintah daerah,” kata dia.

Penataan birokrasi, lanjut Barnabas, menjadi sebuah kebutuhan untuk menjamin agar tetap berada di jalur yang tepat (on the track) dalam mencapai visi dan misi pembangunan daerah tahun 2024.

Ia menegaskan bahwa pelantikan atau penataan birokrasi yang dilakukan harus dimaknai sebagai kebutuhan organisasi untuk mendapatkan struktur yang ideal, di isi oleh orang-orang tepat, memiliki integritas dan kapasitas kuat, serta profesional.

Sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas, Barnabas menegaskan, sekaligus mengintruksikan hal-hal strategis kepada para pejabat yang dilantik untuk segera melakukan konsolidasi dan adaptasi serta menguasai tugas pokok dan fungsi pada jabatan dan tempat tugas yang baru.

“Saudara-saudara harus dapat bekerja dengan cepat, dan bahkan harus bisa berlari, agar kita dapat mengejar target-target pembangunan yang telah ditetapkan,” pintanya.

Sampai saat ini pandemi masih melanda Maluku dan memberikan dampak sangat besar pada seluruh tatanan kehidupan masyarakat. Untuk itu, para pejabat dapat melakukan extraordinary atau langkah-langkah luar biasa dalam membantu penanganan covid-19 serta harus memiliki sense of chrisis terhadap situasi yang dihadapi saat ini.

Terus bangun komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi secara efektif dengan semua unit kerja dan pemangku kepentingan.

“Karena kita butuh kebersamaan untuk membangun Maluku, karena dengan spirit kebersamaan itu pula, kita semua yakin akan dapat memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakat Maluku,” ujarnya.

“Jangan pernah berhenti untuk melakukan perubahan, karena hanya dengan perubahan maka kita akan dapat melompat maju. Terus ciptakan inovasi bagi percepatan pembangunan daerah serta kemaslahatan masyarakat Maluku,” pintanya.

Editor: Husen Toisuta

Recent Posts

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024

Kapolda Ingatkan Personel Tingkatkan Soliditas Internal dan Sinergisitas Instansi Terkait

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kembali mengingatkan personel untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat,…

05/06/2024

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024