Categories: DaerahkuHeadline

Lembaga Adat Soar Pito Soar Pa & LSM Dukung Djalaluddin Lanjutkan Penjabat Bupati Buru

Share

AMBONKITA.COM,-Lembaga adat Adat Soar Pito Soar Pa Kabupaten Buru, Maluku mendukung Dr Djalaluddin Salampessy melanjutkan kepemimpinannya sebagai Penjabat Bupati Buru.

Masa jabatan Penjabat Bupati Buru akan berakhir Mei 2023. Sebelumnya DPRD Kabupaten Buru mengusulkan tiga nama calon Penjabat Bupati Buru ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Tiga nama itu adalah Penjabat Bupati Buru Djalaluddin Salampessy, Ilyas Hamid selaku Sekda Kabupaten Buru dan Sugeng Widodo, Kepala Kantor Inspektorat Kabupaten Buru. Dari tiga nama ini, Mendagri akan menentukan seorang menjadi Penjabat Bupati Buru.

Ketua Lembaga Adat Soar Pito Soar Pa Kabupaten Buru, Yohanes Nurlatu mengatakan hampir setahun menjadi Penjabat Bupati Buru, Djalaluddin Salampessy berhasil memimpin daerah pengasil minyak kayu putih itu.

Djalaluddin memiliki komitmen yang jelas membangun Kabupaten Buru, mulai dari penataan birokrasi, mensejahterakan rakyat, hubungan dengan masyarakat adat Pulau Buru sangat baik hingga penataan tambang emas Gunung Botak yang menjadi isu strategis. Situasi keamanan di Kabupaten Buru aman selama kepemimpinannya

Karena itu, Yohanes meminta Mendagri Tito Karnavian untuk menetapkan Djalaluddin sebagai Penjabat Bupati Buru, melanjutkan kepemimpinannya.

“Kami masyarakat adat Soar Pito Soar Pa mendukung Djalaludddin Salampessy untuk melanjutkan memimpin Kabupaten Buru. Kami sangat mendukung untuk kelanjutan penataan koperasi dan adat serta Gunung Botak yang menjadi isu penting. Karena itu kami minta pak Mendari menetapkan Djalaluddin sebagai Penjabat Bupati Buru sehingga dapat melanjutkan program-programnya,” kata Yohanes Nurlatu.

Sementara itu, Ketua LSM Kabupaten Buru, Ruslan Arif Soamole mengatakan Djalaluddin sangat layak melanjutkan memimpin Kabupaten Buru hingga 2024.

Menurut Ruslan yang biasa disapa Ucok ini, Djalaluddin merupakan sosok pekerja keras, terbukti, inovatif dan kreatif serta tegas mengambil keputusan untuk kepentingan pembangunan dan masyarakat Buru.

Ucok meminta semua kekuatan masyarakat di Kabupaten Buru berpikir positif, tidak mengedepankan pikiran primodial dalam menilai seseorang. Semua warga negara memiliki hak dan kedudukan yang sama dimata hukum untuk memimpin.

Apalagi kata Ucok, 2024 merupakan tahun politik, Pemilu dan Pilkada Buru. Karena itu, Buru butuh penjabat Bupati yang tidak berafiliasi dengan kepentingan partai politik tertentu. Tidak ada anggota keluarganya yang akan maju mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif maupun ikut dalam Pilkada Kabupaten Buru.

“Dan sosok Djalaluddin Salampessy ini sangat tepat melanjutkan tugasnya sebagai Penjabat Bupati Buru. Secara politik Djalaluddin tidak berafiliasi dengan kepentingan politik atau calon yang maju di Pemilu dan Pilkada nanti. Karena itu kami minta pak Mendagri untuk menetapkan Djalaludddin sebagai penjabat Bupati Buru,” kata Ucok. (***)

Recent Posts

Ini Kronologis Kecelakaan di Asilulu, Satu Meninggal, 10 Terluka, Kapolsek: Mobil Tak Mampu Menanjak

AMBONKITA.COM,- Terungkap penyebab terjadinya kecelakaan tunggal yang menewaskan satu orang penumpang di desa Asilulu, Kecamatan…

04/28/2024

Mobil Penumpang Terbalik di Asilulu, Satu Meninggal

AMBONKITA.COM,- Sebuah mobil penumpang berwarna oranye terbalik di tanjakan jalan desa Asilulu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten…

04/27/2024

Mantan Wali Kota Tual Jadi Tersangka, Begini Penjelasan Direktur Krimsus

AMBONKITA.COM,- Penyidik Ditreskrimsus Polda Maluku menetapkan Adam Rahayaan, mantan Wali Kota Tual, sebagai tersangka kasus…

04/26/2024

Sadali Ie Kini Penjabat Gubernur Maluku

AMBONKITA.COM,- Sadali Ie, Sekda Provinsi Maluku resmi dilantik sebagai Penjabat Gubernur Maluku. Ia dilantik Menteri…

04/26/2024

Kapolda Sidak Proses Rekrutmen Polri di SPN Passo

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, melakukan sidak proses rekrutmen Polri di SPN Polda…

04/26/2024

Mahasiswa di Ambon Ditemukan Tewas Gantung Diri

AMBONKITA.COM,- Marcelino Lattu, mahasiswa salah satu perguruan tinggi di kota Ambon, ditemukan tewas gantung diri…

04/26/2024