Categories: Maluku

Maluku Provinsi Pertama di Indonesia yang Sukses Gunakan QR Code Transaksi Solar Subsidi

Share

AMBONKITA.COM,- Maluku tercatat sebagai provinsi pertama di Indonesia yang sukses 100 persen menerapkan penggunaan QR Code MyPertamina untuk transaksi pembelian solar subsidi.

Penerapan uji coba pelaksanaan full cycle program subsidi tepat produk Jenis BBM Tertentu (JBT), khususnya solar subsidi menggunakan QR Code, ini telah berlangsung di wilayah Papua-Maluku sejak 21 Februari 2023.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku, Edi Mangun, memberikan apresiasi atas keberhasilan 100 persen penerapan full cycle subsidi tepat produk JBT (Biosolar) di wilayah Provinsi Maluku.

“Program ini, secara bertahap harus dikembangkan untuk daerah lain, sehingga subsidi Biosolar lebih tepat sasaran. Seperti halnya penerapan QR code pembelian Solar Subsidi di SPBU Reguler Provinsi Maluku sudah berhasil dilakukan,” kata Edi dalam keterangannya, Selasa (4/4/2023).

BACA JUGA: Kontainer Dibuka Berisi B3, Polisi akan Bawa Sampel ke Labfor hingga Periksa Saksi di Makassar

Untuk setiap transaksi solar subsidi, menurut Edi telah wajib menggunakan QR Code. Sehingga masyarakat yang belum menggunakan QR Code, akan dibantu untuk melakukan pendaftaran di seluruh SPBU di wilayah Maluku.

“Setiap pembeli Biosolar wajib bertransaksi menggunakan QR Code, apabila belum menggunakan QR Code, langsung saja ke SPBU yang ada dan nantinya akan dibantu untuk daftar ke web subsidi tepat sehingga dapat memperoleh QR Code, dan prosesnya cepat,” katanya.

Selain itu, Edi mengaku penerapan QR Code ini sudah tidak lagi mengalami antrian seperti situasi sebelumnya.

Menurutnya, dengan penerapan QR Code yang baik maka pendistribusian BBM subsidi akan tepat sasaran. Meski kebutuhan solar meningkat, namun jika semua tepat sasaran maka tidak akan terjadi antrian.

“Kebutuhan solar yang banyak itu tidak harus disertai dengan antrian karena memang jumlah kendaraan telah termonitor serta beberapa kebutuhan lainnya juga sudah bisa dipastikan, artinya jika dikalkulasi dengan jumlah SPBU yang menjual solar, maka antrian itu tidak perlu terjadi,” ungkapnya.

Melihat keberhasilan Maluku yang menjadi provinsi pertama dalam penerapan QR Code subsidi tepat produk JBT (Biosolar), Edi mengaku hal yang sama juga akan diterapkan untuk pembelian Pertalite subsidi.

Pembelian Pertalite menggunakan QR Code, kata Edi, akan diuji coba pada pertengahan Mei 2023 mendatang. “Akan dilakukan pelaksanaan uji coba penggunaan QR Code untuk Pertalite subsidi sebagai pertanggungjawaban program ubsidi Tepat selanjutnya,” pungkasnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024