Maluku Satu Rasa Gelar Doa Lintas Iman, Agar Maluku Bebas Covid-19

Share

AMBONKITA.COM,- Menyusul merebaknya pandemic hingga kini belum juga berhenti, Komunitas Maluku Satu Rasa (M1R) Salam Sarane Bersatu menggelar doa bersama lintas iman di Aula Gedung SPMA Passo Kota Ambon, Senin (12/10/2020).

Semakin tingginya penyebaran virus Covid-19 seperti yang disebut Presiden Jokowi, Ambon merupakan salah satu Kota dari 12 Kabupaten / Kota yang penyebarannya mencapai seribu lebih pasien menyebabkan komunitas M1R menggelar doa ini agar Maluku terlindungi dari penyebaran Covid-19, serta terhindar dari bencana apapun.

Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno yang hadir dalam acara ini menyatakan  apresiasinya, menurut Orno, Komunitas Maluku Satu Rasa Salam (Islam) Sarane (Kristen)  Bersatu bisa saling menopang dalam doa agar senantiasa melindungi Maluku, melindungi Indonesia bahkan dunia ini dari wabah corona.

‘’Juga memberi kekuatan kepada katong samua untuk terus manggurebe maju membangun Maluku yang maju,” kata Wagub.

Menurut Wagub, jiwa Kabarresi, pemberani harus selalu dikobarkan, jiwa kapitan yang merupakan salah satu modal budaya orang Maluku, mesti didayagunakan untuk membangun Maluku dan Indonesia.

“Dalam sejarah daerah maupun sejarah bangsa, orang Maluku telah dikenal sebagai pemberani. Kapitan Pattimura, Kapitan Jonkeer, Tulukabessy, Said Parintah, dan sebagainya merupakan pemberani-pemberani Maluku, yang mewariskan semangat juang untuk anak-anak Maluku,” kata Wagub.

Yang  kedua kata Wagub,  harus rajin berdoa, ” Kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Besar agar memberikan kekuatan untuk kita semua dalam menghadapi virus corona. Terus  membangun hidup orang basudara yang saling peduli satu sama lain, laeng sayang laeng, laeng tongka laeng, ale rasa beta rasa, potong di kuku rasa di daging,” ujar  Wagub.

Dirinya pun mengajak semua pihak, untuk menciptakan Maluku yang aman dan damai. Menjaga toleransi antar umat beragama, toleransi antar negeri dan pulau.

“Leluhur kita sudah wariskan budaya-budaya bae seperti  pela gandong di Maluku Tengah, larvul ngabal dan ain ni ain di Kepulauan Kei-, Duan Lolat di Kepulauan Tanimbar, Kalwedo di Maluku Barat Daya, Kai-Wait di Buru, Jargaria dan Jabu di Kepulauan Aru, Pamahanunusa di SBB  dan Ita Wotu Nusa di SBT.

Nilai-nilai luhur budaya  Maluku itu perlu katong jaga dan lestarikan dan kita jadikan sebagai modal membangun Maluku bahkan Indonesia,” ajak Wagub.. (M-01)

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024