Masjid Al-Anshor yang Ikut Dibantu Umat Kristen di Ohoi Dunwahan Diresmikan Gubernur

Share

AMBONKITA.COM,- Gubernur Maluku Murad Ismail, meresmikan masjid Al-Anshor di Ohoi Dunwahan, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Sabtu (23/7/2022).

Pembangunan masjid ini turut dibantu masyarakat dari umat Kristen, baik Protestan maupun Katolik.

Gubernur Murad mengaku bangga berada di tengah-tengah masyarakat Malra, khususnya di Ohoi Dunwahan. Kebahagiaan itu semakin bertambah manakala dirinya diberikan gelar adat Vish Bad yang berarti memperbaiki yang rusak menjadi baik, oleh para dewan adat di kepulauan Kei.

Mantan Dankor Brimob Polri ini mengajak umat Islam di Kabupaten Malra tak terkecuali pengurus beserta jamaah masjid Al-Anshor untuk memakmurkan dan meningkatkan peran masjid dalam menjawab persoalan umat.

“Program kerja dari kepengurusan masjid jangan hanya terpaku pada kegiatan ibadah, tetapi juga harus diperluas dalam konteks pengembangan masjid seperti membangun yayasan masjid yang bertujuan meningkatkan pendidikan serta interaksi sosial umat di lingkungan dan sekitarnya,” ajaknya.

Ia menghimbau seluruh masyarakat Malra khususnya di Ohoi Dunwahan untuk menjaga keamanan dan kedamaian. Bila terdapat persoalan, sebaiknya diselesaikan secara arif dan bijaksana dengan melibatkan tokoh adat/agama/pemerintah negeri dan aparat keamanan.

“Peristiwa bentrok antar warga yang terjadi di kota Tual beberapa waktu lalu menjadi pelajaran buat kita semua, dan saya minta tidak boleh terjadi lagi di daerah ini,” ingatnya.

Di tempat yang sama, Bupati Malra, M. Thaher Hanubun mangaku masjid Al-Anshor merupakan salah satu sarana ibadah. Namun dalam proses pembangunannya terdapat peran ASN dan masyarakat yang beragama Kristen Protestan/Katolik untuk bekerjasama. Tujuannya membangun kembali kehidupan religius masyarakat.

“Masjid ini ada keringat (Kerjasama) saudara-saudara kami beragama Kristen Protestan/Katolik. Dan bukan masjid ini saja, tapi di beberapa tempat masjid dan gereja yang kami bangun, saya selalu mengajak seluruh ASN beragama Islam/Kristen Protestan/Katolik kami untuk datang membantu,” kata Hanubun.

BACA JUGA: Gubernur Maluku Juga Bergelar Adat “Vish Bad” dari Maluku Tenggara

Untuk diketahui, peresmian masjid ditandai penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh Murad. Ia didampingi istrinya Widya Pratiwi Murad, Bupati Malra, M. Thaher Hanubun dan isteri, Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury, Kakanwil Kemenag Maluku, H. Yamin, dan Kakanwil Kemenag Kabupaten Malra.

Page: 1 2

Recent Posts

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024