Categories: DaerahkuMaluku

Panca Karya Buka Mudik Gratis di Maluku, Ini Jadwalnya

Share

AMBONKITA.COM,- Jelang lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah/2022, Perusahan Daerah (PD) Panca Karya akan buka mudik gratis untuk masyarakat Maluku.

Jalur mudik gratis dibuka menggunakan transportasi laut. Terdapat 3 jalur yang dibuka. Yaitu Ambon-Banda-Tual, Hunimua-Waipirit, dan Waai-Kailolo.

Untuk trip Ambon-Banda-Tual berangkat menggunakan KMP. Bahtera Nusantara 02. Pendaftaran dibuka pada Minggu (24/4/2022), dan berangkat Selasa (26/4/2022).

Sementara untuk jalur Hunimua-Waipirit, mudik gratis dibuka selama dua hari, yaitu Jumat-Sabtu (29-30/4/2022). Sedangkan untuk jalur Waai-Kailolo dibuka pada Jumat (29/4/2022) dan selama dua hari yakni  tanggal 29 April dan Senin (2/5/2022).

Direktur Utama PD. Panca Karya, Rusdy Ambon, mengatakan, mudik gratis dibuka untuk pulang dan pergi (PP). Ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang ingin mudik lebaran.

Baca juga: Pj Sekda Maluku: THR Dibagi Menjelang Hari Raya Idul Fitri

“Jadi yang ingin mudik jadi prioritas, akan disesuaikan dengan kapasitas (angkut), kalau misalnya trip itu sudah penuh, pasti ditolak, itu demi keamanan dan kenyamanan, jadi prioritas dulu untuk yang muslim, tapi kalau ada yang tidak terisi, barulah siapapun bisa,” kata Rusdy, Senin (18/4/2022).

Rusdy mengaku, mudik gratis terlaksana atas dukungan dan bantuan dari Gubernur Maluku, Murad Ismail. Harapnya mudik gratis ini dapat membantu masyarakat.

“Ini bentuk kepedulian dan bantuan Pak Gubernur lewat Panca Karya. Artinya perhatian Pak Gubernur ini sangat luar biasa, jadi Pak Gubernur bantu tapi gratis, tidak ada orang yang bayar,” pungkasnya.

Editor: Husen Toisuta

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024