Categories: Ambonkukesehatan

Pemkot Ambon dan Tetra Tech ARD Teken Kerja Sama Tingkatkan Sistem Pengelolaan Sampah

Share

AMBONKITA.COM,- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan Tetra Tech ARD selaku pelaksana program USAID CCBO sepakat untuk bekerja sama meningkatkan sistem pengelolaan sampah.

Kesepakatan bersama itu ditandai dengan penandatangan MoU antara Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, dengan Direktur Tetra Tech, Dr. Tiene Gunawan.

Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman ini berlangsung di Gamara Hotel Makassar, Sulawessi Selatan, Rabu (1/12/2021).

MoU kedua pihak sendiri berlangsung di sela-sela kegiatan Smart Transportation Forum 2021 yang mengusung tema “Better Cities, Better Transportation”.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan Kota Ambon, Alfredo Hehamahua, mengatakan, maksud dari program CCBO adalah untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan sistem pengelolaan sampah di daerah dampingan yang sudah ditunjuk sebelumnya yakni, Kota Semarang, Kota Makassar dan Kota Ambon.

“Tujuannya sendiri adalah untuk mencegah kebocoran plastik serta menciptakan kota yang lebih bersih dan laut yang lebih sehat,” kata Alfredo.

Sementara untuk penandatanganan nota kesepahaman itu sendiri, kata dia, bertujuan untuk meningkatkan sistem pengelolaan sampah di Kota Ambon. Ini dilakukan Pemkot Ambon dalam upaya pencapaian target 80% penanganan sampah dan 20% pengurangan sampah di perkotaan sesuai amanat RPJMN 2020-2024.

“Juga untuk menyusun sistem pengelolaan sampah yang ramah lingkungan dan bernilai ekonomis di Kota Ambon,” sebutnya.

Selain Kota Ambon, Pemkot Makassar sebagai satu dari 3 kota dampingan program ini, juga melakukan penandatanganan serupa dengan Tetra Tech ARD.

Untuk diketahui, dalam kegiatan itu Wali kota Ambon didampingi Kadis Perhubungan Kota Ambon, R. Sapulette, Kadis LHP Ambon, dan yang mewakili Kepala Bappeda Litbang, dan Kepala Bidang PIPW Bappeda Kota Ambon, D. Hutajulu.

Rencananya, setelah MoU, pada minggu ketiga Januari 2022, Tetra Tech ARD melalui direkturnya, Tine Gunawan akan meluncurkan kegiatan USAID CCBO di Kota Ambon.

Editor: Husen Toisuta

Recent Posts

Nobar Film Glenn Fredly The Movie, Kapolda: Esensi Film Ini Kita Jaga Kedamaian di Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi pejabat utama Polda Maluku melakukan…

05/08/2024

Ketua KPU Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

AMBONKITA.COM,– Ketua KPU Provinsi Maluku, Muh. Shadhek Fuad, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif…

05/07/2024

Wanita di Ambon Ini Dihukum Empat Tahun Penjara karena Narkotika

AMBONKITA.COM,- Katherina Tawaerubun, Terdakwa kasus peredaran narkotika di kota Ambon dihukum pidana penjara selama empat…

05/07/2024

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024