Categories: DaerahkuMaluku

Penyusunan RKPD 2023, Sadali: Satu Muara, Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Maluku

Share

AMBONKITA.COM,- Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Sadali Ie, membuka Forum Lintas OPD Tahun 2022 di Kota Ambon, Selasa (12/4/2022).

Forum lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ini dilakukan untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Maluku Tahun 2023 mendatang.

Pembukaan penyusunan RKPD dihadiri sejumlah pimpinan OPD, yaitu Kepala Bapedda, Anton Lailossa, Kadis Pemuda dan Olahraga, Sandi. A Wattimena, Kadis PMD, Ismail Usemahu dan pejabat tinggi daerah lainnya.

Sadali mengaku, forum OPD merupakan wadah sinkronisasi pelaksanaan urusan program maupun kegiatan antarperangkat daerah, untuk optimalisasi pencapaian sasaran sesuai kewenangannya. Juga merupakan forum sinergitas prioritas pembangunan daerah.

“Seluruh perangkat daerah harus paham betul mengenai isu-isu strategis yang dihadapi serta lebih objektif dalam menentukan target kinerja yang akan dicapai dalam rencana kerja tahun 2023,” kata Sadali.

Ia menjelaskan, dalam upaya mewujudkan visi pembangunan daerah yang konsisten dan berkelanjutan, maka pada tahun 2023 telah ditetapkan target-target pembangunan daerah. Yaitu pertumbuhan ekonomi ditargetkan mencapai 5,60 – 6,27 persen, tingkat kemiskinan turun menjadi 16,13 persen, tingkat pengangguran terbuka pada kisaran 6,12 persen. Sedangkan untuk indeks pembangunan manusia 70,33 persen serta indeks Gini menjadi 0,3 point.

“Untuk mencapai target-target tersebut, telah kita tetapkan 10 prioritas daerah dan dari prioritas tersebut maka tema pembangunan RKPD Tahun 2023 yaitu “Pemantapan Ekonomi yang Inklusif melalui Peningkatan Produktivitas dan Penguatan Sumber Daya Manusia,” jelasnya.

Baca juga: Perlu Perencanaan Matang Tangani Kemiskinan Ekstrim di Maluku

Menurut Sadali, untuk mencapai prioritas daerah, bukanlah hal mudah, perlu adanya sinergi antarseluruh pemangku kepentingan serta dukungan jajaran pemerintahan.

“Untuk itu program kegiatan dan sub kegiatan yang kita susun harus satu muaranya, yaitu menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Maluku secara adil dan merata sehingga visi pembangunan daerah akan dapat dicapai,” pungkasnya.

Editor: Husen Toisuta

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024