Categories: DaerahkuHeadline

Perahunya Tenggelam, Nelayan Haria Ini Ditemukan Selamat setelah Berenang 8 Jam

Share

AMBONKITA.COM,- Johanis Pattilemonia alias Joko, ditemukan selamat dari maut. Ia ditemukan sedang berenang oleh Jony Pelupessy, warga Dusun Air Panas, Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Senin (18/7/2022).

Pria 49 tahun itu ditemukan Jony dan Fenty Pettipeilohy sedang berenang menggunakan sebuah jerigen di perairan Desa Oma, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Malteng, sekira pukul 14.00 WIT.

Joko berenang setelah perahu ketinting yang digunakan untuk mencari ikan tuna tenggelam di perairan Pulau Molana, Malteng, sekira pukul 06.00 WIT.

Perahu warga Dusun Perat, Negeri Haria, Kecamatan Saparua, Malteng, itu tenggelam karena dihantam badai (gelombang dan angin kencang) di belakang Pulau Molana.

“Jadi peristiwa itu diketahui sekitar pukul 17.30 WIT. Kapolsek Saparua AKP Jacup Hulayo mendapat informasi melalui postingan FB (media sosial Facebook) bahwa ada orang Haria tenggelam dengan ketinting,” kata PS Kasi Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease Ipda Moyo Utomo.

Mendapat info itu, Kapolsek bersama sejumlah anggota Polsek Saparua mendatangi Kepala Desa Haria, Nikodemus Sahureka. Kedatangan mereka untuk mengecek kebenaran informasi yang diperoleh tersebut.

“Kades juga mengaku mendapat info itu dan membenarkannya. Bahwa telah terjadi kecelakaan laut yang dialami korban,” ujarnya.

BACA JUGA: Polwan di Maluku Juara Sangihe Underwater Photography Competition

Menurut keterangan korban, peristiwa itu berawal saat dirinya pergi melaut sekitar pukul 05.00 WIT menggunakan perahu ketinting miliknya.

Di tengah perjalanan, korban diterpa angin dan gelombang besar di perairan belakang Pulau Molana, Desa Haria. Hantaman badai tersebut mengakibatkan perahunya tenggelam ke dasar laut.

“Kemudian korban berenang mengunakan sebuah jirgen. Sekitar pukul 14.00 WIT korban terbawa arus sampai di perairan Desa Oma dan ditemukan oleh nelayan dari dusun Air Panas,” kata Moyo.

Page: 1 2

Recent Posts

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024