Categories: Ambonku

Polda Maluku Gelar Peringatan Malam Nuzulul Quran

Share

AMBONKITA.COM,- Kepolisian Daerah Maluku menggelar peringatan malam Nuzulul Quran 1444 Hijriah, yang berlangsung di Masjid At’taqwa, Tantui, Kota Ambon, Sabtu (8/4/2023).

Sejumlah pejabat utama dan personel Polda Maluku yang beragama Islam turut hadir dalam peringatan turunnya Alquran tersebut.

Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, dalam sambutannya yang dibacakan Karo SDM Polda Maluku, Kombes Pol Denny Y. Putro, mengajak seluruh jamaah Shalat Tarawih di masjid At’taqwa Polda Maluku untuk selalu memberikan penghargaan terhadap Alquran.

“Alquran diturunkan Allah SWT kepada seluruh manusia di muka bumi melalui Nabi Muhammad SAW,” ujarnya.

Menurutnya, Alquran diturunkan di muka bumi sebagai pedoman hidup dan keselamatan bagi manusia baik di dunia dan di akhirat.

“Mari kita selalu bersalawat kepada Baginda Nabi Muhammad SAW dan dapat menjadikan peringatan Nuzulul Quran sebagai momentum untuk selalu bersalawat kepada Nabi utusan Allah SWT dan dapat meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT,” ajak Kapolda.

Untuk diketahui, hikmah peringatan Nuzulul Qur’an disampaikan oleh Ustadz H. Hijerin Aliah, selaku Kordinator Penerangan Agama Islam dan Sistim Informasi Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi Maluku.

BACA JUGA: Sepuluh Pengedar dan Pemakai Narkoba Dibekuk di Ambon

Dalam ceramahnya Ustadz mengajak seluruh jamaah untuk selalu istiqamah menjaga shalat lima waktu dimanapun berada. Sebab amalan shalat yang pertama kali akan dihisab.

Ia mengatakan, perjalanan hidup manusia seperti arus lalulintas di jalan raya. Jika ingin arus lalulintas tertib maka harus ada aturan seperti tanda-tanda lalulintas seperti lampu merah dan sebagainya.

“Allah SWT menurunkan Alquran sebagai pedoman hidup dan aturan kepada manusia agar perjalanan hidup manusia itu tertib dan baik, maka seperti itulah ketetapan Allah SWT terhadap hambanya agar dapat selamat di dunia dan di akhirat,” jelasnya.

Alquran sebagai pedoman hidup jangan dilalaikan atau melupakan untuk menjadikannya sebagai petunjuk keselamatan bagi manusia.

“Nabi juga menganjurkan untuk menamakan anak-anak kita dengan nama yang bersumber dari Alquran, maka Insya Allah sifat anak kita kelak akan seperti arti dari namanya yang kita ambil dari Alquran,” pintanya.

Para jamaah juga diajak untuk dapat mendidik anak-anak generasi muda dengan Alquran. Karena mereka yang akan menggantikan dan menjadi penerus hidup kita.

“Sebelum Ramadan ini berakhir mari kita fokuskan diri kita dengan mempelajari Alquran sebab Alquran adalah sumber keselamatan, sumber pengobatan dan sumber kebahagiaan diri kita dan keluarga kita. Alquran adalah mukjizat yang di turunkan Allah SWT melalui Nabi Muhammad SAW kepada kita hambanya,” ajaknya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024