Categories: AmbonkuHeadline

Polresta Ambon Usut Perampasan Jenazah Positif Covid-19

Share

AMBONKITA.COM,-APARAT Polresta Ambon mengusut pengambilan paksa jenazah HK yang terkonfirmasi positif Covid-19 oleh warga dari mobil ambulance di Jalan Jenderal Sudirman Galunggung Desa Batumerah, Kota Ambon, Jumat (26/6/2020) sore. Namun fokus utama polisi jenazah secepatnya dimakamkan, setelah itu baru dilakukan pengusutan terkait peristiwa tersebut.

BACA JUGA : Sempat Diambil Paksa Warga, Jenazah Positif Covid-19 Akhirnya Dimakamkan

“Ya (kita proses) sementara kita masih lidik ini, yang penting kita fokus dulu bagaimana caranya jenazah ini segera diproses dan kita kebumikan dulu. Untuk lain-lain kita sementara berproses, dari intel, dari serse sudah mulai bergerak tadi,” kata Kapolresta Ambon Kombes Pol Leo Surya Nugraha Simatupang menjawab wartawan di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, lokasi pengambilan paksa jenazah HK.

Kapolresta mengatakan peristiwa pengambilan paksa jenazah dari mobil ambulance RSUD dr Haulussy Ambon merupakan kesalapahaman warga. Namun pihaknya akan mengusut aksi warga itu,  karena diduga ada yang memprovokasi, sehingga ratusan warga mengambil jenazah covid-19.

Sebelumnya ratusan warga menghadang iring-iringan mobil yang membawa jenazah HK ke TPU Hunuht, khusus pemakaman positif covid-19. Warga marah karena jenazah HK yang meninggal dunia di RSUD dr Haulussy Jumat siang itu dimakamkan di TPU khusus covid-19. Warga yakin HK meninggal karena penyakit kanker yang dideritanya.

Warga kemudian memaksa mengambil jenazah HK dengan membuka pintu belakang mobil ambulance. Setelah itu warga beramai-ramai membawa jenazah ke rumah duka yang tak jauh dari Jalan Jenderal Sudirman. Warga juga membuang peti jenazah di jalan raya.

Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang juga Sekda Maluku Kasrul Selang, Kapolresta Ambon, Kombes Leo Surya Nugraha Simatupang, Dandim 1504/Ambon, Kolonel Kav Cecep Tendi Sutandi mendatangi lokasi untuk negosiasi dengan keluarga almarhum. Setelah itu, jenazah akhirnya di makamkan di TPU Wara, Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Jumat (26/6/2020) petang dengan protokol Covid-19 dan pengawalan ketat aparat kepolisian. (ALFIAN SANUSI)

 

Recent Posts

Nobar Film Glenn Fredly The Movie, Kapolda: Esensi Film Ini Kita Jaga Kedamaian di Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi pejabat utama Polda Maluku melakukan…

05/08/2024

Ketua KPU Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

AMBONKITA.COM,– Ketua KPU Provinsi Maluku, Muh. Shadhek Fuad, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif…

05/07/2024

Wanita di Ambon Ini Dihukum Empat Tahun Penjara karena Narkotika

AMBONKITA.COM,- Katherina Tawaerubun, Terdakwa kasus peredaran narkotika di kota Ambon dihukum pidana penjara selama empat…

05/07/2024

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024