Categories: MalukuPolitik

PPP Perjuangkan A.M. Sangadji sebagai Pahlawan Nasional

Share

AMBONKITA.COM,- DPW PPP Maluku menggelar Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) II tahun 2022 di kota Ambon. Ada tiga hasil Rapimwil yang direkomendasikan ke DPP PPP. Satu diantaranya memperjuangkan Almarhum Abdul Muthalib Sangadji sebagai Pahlawan Nasional.

“Merekomendasikan kepada DPP PPP agar dapat memperjuangkan almarhum Abdul Muthalib Sangadji sebagai Pahlawan Nasional,” kata Fhatul Kwairumaratu saat membacakan rekomendasi Rapimwil II PPP Maluku tahun 2022.

Ketua DPW PPP Maluku, Azis Hentihu, mengaku, A.M Sangadji merupakan pejuang, perintis kemerdekaan. Sehingga PPP punya kepentingan untuk memperjuangkannya sebagai Pahlawan Nasional.

Selain itu, Hentihu mengaku peran A.M. Sangadji juga tidak bisa dilepaspisahkan dengan PPP. PPP merupakan hasil fusi atau penyederhanaan dari empat partai berlatar belakang Islam.

“Dan ikut membentuk itu (Fusi) Abdul Muthalib Sangadji, yang pejuang itu. Makanya nama jalannya dimana-mana. Jalannya berstatus nasional. Misalnya di kota Ambon, DKI Jakarta, Kalimantan, sampai dengan simbol patung segala macam,” jelasnya.

BACA JUGA: PPP Maluku Usulkan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo sebagai Capres

Hentihu yang merupakan anggota DPRD Maluku, mengaku perjuangan menjadikan A.M. Sangadji sebagai Pahlawan Nasional telah banyak dilakukan sejumlah elemen masyarakat.

“Bahkan GMPI dan Banum PPP juga telah melakukan diskusi-diskusi itu, kita semua punya satu kepentingan, bukan apa-apa jasanya itu musti membumi,” harapnya.

Sementara itu, Plt Ketua Umum DPP PPP, H. M. Mardiono, mengaku tentu akan memperjuangkan A.M. Sangadji sebagai Pahlawan Nasional secara bersama.

“Tapi tentu memang syarat-syaratnya itu ada kita penuhi, tetapi memang PPP akan selalu senantiasa untuk memperjuangkan termasuk mungkin akan melakukan juga kajian-kajian,” ungkapnya.

Mardiono mengaku perjuangan itu harus dilakukan kepada siapapun yang telah berjuang dan membangun bangsa ini.

“Saatnya kita untuk mengapresiasi untuk menghargai para pahlawan dahulu kita. Menjadi kewajiban kita dan sebagai apresiasi, ucapan tanda terima kasih kita kepada para pembeli bangsa ini, beberapa pahlawan yang gugur memperjuangkan bangsa ini,” katanya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024