Categories: AmbonkuEkonomiMaluku

Rakor Penyusunan Peta Peluang Investasi Perikanan di Maluku

Share

AMBONKITA.COM,- Rapat Koordinasi (Rakor) Daerah terkait penyusunan peta peluang investasi proyek strategis pada sektor sumber daya alam (SDA) perikanan tahun 2022 digelar.

Kegiatan yang dihelat di Swissbell Hotel, kota Ambon pada Rabu (10/8/2022), dibuka oleh Penjabat Sekretaris Daerah Maluku, Sadali Ie.

Ia mengatakan, Maluku merupakan provinsi bercirikan kepulauan. Karakteristik wilayah yang heterogen dengan gugusan pulau-pulau menjadikan provinsi ini berbeda dari wilayah lain di Indonesia.

Menurut Sadali, kondisi alam yang didominasi lautan merupakan kekuatan atau potensi lokal bagi pengembangan dan investasi berbasis kearifan lokal.

Dikatakan, Maluku memiliki luas wilayah sebesar 712.480 km². Terdiri dari luas wilayah daratan sebesar 54.185 km² (7,4 %) dan perairan 658.245 km² (92,4 %). Memiliki garis pantai sepanjang 10.662 km, dan 1.340 pulau.

BACA JUGA: Jelang Hari Kemerdekaan, Ramai Warga Pelauw Naikan Bendera Setengah Tiang di Ambon

Namun, lanjut Sadali, potensi kekayaan SDA yang melimpah, baik dari sektor perikanan, pariwisata, pertanian/perkebunan dan pertambangan belum terkelola secara maksimal. Sehingga masuknya investor untuk mengelola SDA diharapkan mampu mengatasi ketimpangan wilayah melalui keterlibatan proses realisasi proyek prioritas strategis yang akan dilaksanakan pemerintah Pusat di Maluku. Seperti proyek strategis Nasional Ambon New Port, Lumbung Ikan Nasional dan pengembangan kawasan industri di sektor perikanan.

Untuk itu, Sadali mengaku salah satu strategi dalam mendorong investasi di Maluku melalui penyusunan peta peluang investasi proyek strategis pada sektor SDA khususnya klaster perikanan di Provinsi Maluku.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Provinsi Maluku, menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah Pusat dalam hal ini, Kementerian Investasi/BKPM, Kementerian Kelautan dan Perikanan yang telah membantu dalam penyusunan peta dan peluang investasi pada proyek Strategis Nasional di Maluku,” ungkapnya.

Dirinya berharap keterlibatan semua pihak baik pemerintah, swasta dan masyarakat untuk duduk bersama merumuskan berbagai kebijakan atau langkah strategis, dapat diiplementasikan guna kemaslahatan masyarakat Maluku yang lebih sejahtera.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024

Kapolda Ingatkan Personel Tingkatkan Soliditas Internal dan Sinergisitas Instansi Terkait

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kembali mengingatkan personel untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat,…

05/06/2024

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024