Categories: AmbonkuHeadline

Resmi Jabat Kakanwil Kemenang Maluku, Ini Tiga Program Utama Jamaludin Bugis

Share

AMBONKITA.COM-Jamaludin Bugis resmi menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku setelah dilantik dan diambil sumpah secara daring oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Fachrul Razi dari Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin Jakarta, Jumat (10/7/2020)

Jamaludin Bugis diamanatkan jabatan setingkat eselon II tersebut usai mengikuti seluruh rangkaian proses assessment yang diselenggarakan Pansel Kemenag RI pada Juni 2020 lalu.

Momentum pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Kakanwil Kemenag Maluku ini turut disaksikan langsung para pejabat eselon III/IV beserta Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota di Aula Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku.

“Inilah hasil terbaik dari proses assessment dan yang telah dipercayakan untuk menduduki jabatan eselon II ini, maka tunjukanlah yang terbaik dengan melakukan peningkatan kinerja sekaligus perubahan mendasar dari pengelolaan birokrasi Kanwil Kemenag Maluku saat ini,” kata Jamaludin Bugis.

Sebabnya, sesuai amanat Menteri Agama RI, dirinya dalam 100 hari kedepan akan melanjutkan berbagai prestasi yang pernah dilakukan oleh mantan Kakanwil Kemenag Maluku sebelumnya. “Jadi Insya Allah, gerakan inovasi itu menjadi langkah yang akan saya ambil untuk melakukan perubahan mendasar kedepan,” ungkapnya.

Selain itu, Jamaludin mengemukakan tiga program prioritasnya dalam masa kepemimpinannya nanti yakni, peningkatan pemahaman beragama masyarakat, peningkatan kualitas kerukunan umat beragama, dan penguatan moderasi beragama.

Tiga program strategis ini merupakan langkah terpenting dalam mewujudkan Provinsi Maluku yang toleran, rukun dan moderat. “Bagaimana kita bisa saling memahami, menyayangi dan mengasihi antar sesama. Ini saya anggap penting untuk dilaksanakan kedepan nanti,” jelasnya.

Sementara terkait embarkasi haji antara di Maluku, Jamaludin Bugis berkomitmen agar mimpi besar ini dapat terwujud di tahun 2021 mendatang.

“Embarkasi ini juga menjadi program prioritas yang akan saya lakukan langkah-langkah lebih lanjut dan ini sudah digodok di pusat untuk dikeluarkannya surat Keputusan Menteri Agama RI terkait pembentukan Maluku sebagai pusat Embarkasi haji antara itu sendiri,” tandasnya.

Untuk diketahui, Jamaludin Bugis dilantik bersamaan dengan 18 pejabat eselon II lainnya. (ALFIAN SANUSI)

Recent Posts

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024