Categories: Ambonkupendidikan

Selain Dugaan Keracunan Terungkap Siswa SMA Siwalima Ambon Sering Makan Telat dan Santap Makanan Basi

Share

AMBONKITA.COM,- Keracunan makanan yang dialami puluhan siswa SMA Siwalima Ambon terungkap bukan baru sekali. Para siswa juga mengeluh pernah dikasih makanan basi hingga sering telat makan.

Kepada AmbonKita.com, beberapa orang tua murid menyesalkan insiden dugaan keracunan makanan yang dialami putra-putri mereka.

“Ini kerja yang tidak profesional. Anak saya sampai lemas. Besok saya ke Ambon,” kata salah satu orang tua siswa SMA Siwalima Ambon, Jumat (18/11/2022).

Ketidakpuasan para orang tua murid khususnya kepada pihak catering makanan. Padahal, catering makanan dibiayai oleh Pemerintah Daerah (Pemda).

“Kalau catering dulu itu tidak begini. Tidak pernah kita dengar keluhan anak-anak. Bahkan anak saya mengeluh pernah makan makanan basi. Mereka juga sering telat dikasih makan. Ini kan bahaya bagi kesehatan mereka,” sesalnya.

BACA JUGA: Ini Menu yang Disantap 55 Siswa SMA Siwalima Ambon, Korban Dugaan Keracunan Makanan

Sejumlah orang tua meminta agar SMA Siwalima Ambon dapat mengevaluasi kinerja pihak catering. Bahkan mereka mengusulkan agar diganti, karena akan sangat berbahaya bila dipertahankan.

“Itu tandanya dong (catering) kerja hanya untuk cari untung yang besar tanpa memperhatikan tingkat kesehatan, atau higienisitas makanan yang disajikan kepada para siswa. Jadi diganti saja itu pihak catering,” tegasnya.

Terkait dengan keluhan orang tua tersebut, pihak sekolah mengaku tidak tahu menahu. Sebab, selama ini pihaknya tidak menerima laporan dari orang tua siswa.

“Terkait pihak catering, katong seng (kita tidak) tahu, karena katong sekolah itu tidak ada urusan dengan itu. Ini dari dinas (pendidikan provinsi), dong (mereka) pakai tender, jadi katong sekolah tidak tahu itu,” kata Nasir Tidore, Kepala Sekolah SMA Siwalima Ambon saat ditemui AmbonKita.com, Jumat sore (18/11/2022).

Para orang tua sejak Kamis (17/11/2022) telah datang menjemput anak-anak mereka karena sakit. Umumnya mereka mengeluh sakit perut, mual hingga diare.

“Pagi ini baru katong tahu kejadian ini. Biasanya kalau anak-anak sakit katong lalu menghubungi orang tua, lalu orang tua datang ambil mereka. Katong juga berfikir poro (perut) sakit biasa, nanti tadi pagi (Jumat) sudah banyak baru katong kaget,” kata dia.

Setelah banyak mengalami sakit yang sama, Tidore mengaku pihaknya kemudian menghubungi pihak kesehatan. Tindakan medis kemudian dilakukan. Ada sekitar 90-an siswa yang diduga mengalami keracunan makanan.

“Untuk anak-anak yang kuat, mereka sudah pulang, katong minta orang tua jemput. Dan yang masih ada dirawat di rumah sakit itu sekitar 15 sampai 20 orang. Dirawat di rumah sakit ottokwick, Leimena, Tulehu. Kebanyakan mereka mengeluh mual, muntah, buang air,” jelasnya.

Saat ini, lanjut Tidore, pihak tenaga medis telah mengirim sampel makanan untuk diuji di Laboratorium.

SISWA SMA SIWALIMA DIPULANGKAN

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, para siswa SMA Siwalima Ambon semuanya telah dipulangkan ke rumah masing-masing.

“Iya kita pulangkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Nanti kita lihat kondisi seperti apa baru mereka kembali lagi,” sebutnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024