Categories: Daerahku

Sempat Hilang, Kapal Kayu Berpenumpang Dua Orang Ayah dan Anak Ditemukan Selamat di Perairan Maluku Tenggara

Share

AMBONKITA.COM,- Sempat hilang setelah dikabarkan mengalami mati mesin, sebuah kapal kayu berpenumpang dua orang warga dari Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, akhirnya ditemukan dengan selamat.

Baharudin Ohoirenan (51) beserta putranya Jihad Ohoirenan (20) ini, ditemukan terombang ambing di perairan Tanjung Tamedan, Kabupaten Maluku Tenggara, Minggu (5/12/2021).

Kepala Basarnas Ambon, Mustari, mengatakan, kondisi yang membahayakan nyawa manusia di laut ini diketahui dari Ketua DPRD Kota Tual pada Minggu dini hari atau sekitar pukul 00.47 WIT.

“Kami menerima informasi dari Ketua DPRD Kota Tual melaporkan adanya kapal mati mesin di Perairan Maluku Tenggara dengan POB 2 orang,” kata Mustari.

Mendapat informasi itu, tim rescue Pos SAR Tual dikerahkan bersama unsur potensi SAR lainnya pukul 01.07 WIT.

Tim SAR gabungan dikerahkan menuju lokasi pencarian menggunakan Kapal Negara (KN) Catamaran 507 Bakamla Tual. Tim bergerak menunju titik koordinat 5°30’34.99″ S – 132°48’4.96″ E, dan Heading -+ 22,94° Arah Timur Laut dari Pos SAR Tual.

“Satu jam pencarian, tim SAR gabungan berhasil menemukan Kapal kayu tersebut pada pukul 02.15 WIT sedang terombang-ambing di Perairan Tanjung Tamedan Maluku Tenggara dengan kondisi kedua korban selamat,” sebutnya.

Setelah ditemukan dalam kondisi selamat, kedua korban yang merupakan ayah dan anak ini dievakuasi ke Tual untuk mendapatkan perawatan.

“Tadi sekitar pukul 04.30 WIT, kami tiba dan sandar di Pelabuhan PSDKP Tual. selanjutnya kedua korban diserahkan ke pihak keluarga,” jelasnya.

Mustari mengaku Kapal tersebut bergerak dari Dobo pada Jumat (3/12/2021) pukul 03.00 WIT. Mereka hendak menuju Kota Tual.

Di tengah perjalanan atau esok harinya tepat di perairan Maluku Tenggara, kapal tersebut mengalami kerusakan pada Sabtu (4/12/2021) pukul 2100 WIT.

“Kapal mengalami kerusakan mesin dan terombang-ambing selama sehari sebelum berhasil ditemukan Tim SAR Gabungan,” sebutnya.

Dengan ditemukannya korban dengan keadaan selamat, Mustari mengaku Operasi SAR resmi dinyatakan ditutup.

“Seluruh unsur potensi SAR dikembalikan ke satuannya masing-masing, kami menyampaikan terima kasih,” pungkasnya.

Penulis: Husen Toisuta

Recent Posts

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024

Kapolda Ingatkan Personel Tingkatkan Soliditas Internal dan Sinergisitas Instansi Terkait

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kembali mengingatkan personel untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat,…

05/06/2024

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024