Categories: Ambonkupemerintahan

Sepuluh Tahun dan Sembilan Bulan Anthony Latuheru Jabat Sekot Ambon

Share

AMBONKITA.COM,- Anthony Gustav Latuheru, akhirnya resmi menyerahkan jabatannya sebagai Sekretaris Kota Ambon setelah sepuluh tahun dan sembilan bulan mengabdi sebagai orang nomor 3 di Pemerintah Kota Ambon.

Tony, nama panggilan dari Anthony Gustav Latuheru ini menyerahkan jabatannya kepada Rulien E. Purmiassa, yang ditunjuk Wali Kota Ambon sebagai Pelaksana Harian (Plh). Penyerahan jabatan berlangsung di Balai Kota Ambon, Jumat (3/12/2021).

Serah terima jabatan Sekot Ambon dari pria kelahiran Maluku Utara pada 1961 silam ini, dipimpin oleh Wakil Wali kota Ambon, Syarif Hadler.

“Saya mengucapkan selamat kepada ibu Rulien Purmiassa, yang hari ini telah menerima secara resmi tugas – tugas dari Sekot yang lama, Bapak A.G Latuheru,” kata Syarif di ruang rapat Vlissingen.

Pengisian jabatan Sekot, kata Syarif, merupakan hal yang penting untuk mengisi kekosongan jabatan sementara waktu sebelum penetapan Sekot Ambon definitif.

Plh Sekot sendiri memiliki tugas yang sangat strategis, yaitu membantu kepala daerah dalam hal ini Wali kota dan Wakil wali kota dalam penyusunan kebijakan, pengkoordinasian tugas kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), hingga pelayanan adminstratif.

“Tugas – tugas ini dikerjakan sampai dengan penetapan, pengangkatan dan pengambilan sumpah jabatan Sekot Ambon yang definitif,” katanya.

Meski bertugas dalam waktu singkat, Syarif berharap Rulien dapat melaksanakannya dengan sebaik – baiknya, penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan Tupoksi, serta mengesampingkan kepentingan pribadi.

Rulien juga diminta untuk tetap menjaga komunikasi dan hubungan baik dengan mantan Sekot, demi penyelesaian tugas ke depan, serta untuk kepentingan masyarakat.

“Plh Sekot jangan sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan Sekot yang lama, jika nantinya ada hal – hal yang perlu ditanyakan atau mungkin ada hal – hal yang belum sempat diselesaikan,” jelasnya.

Kepada para pimpinan OPD, Syarif meminta agar bisa saling bahu-membahu, satukan langkah untuk maju bersama – sama dalam mendukung tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh Rulien selaku Plh, sembari menunggu pengangkatan Sekot defintif.

Sementara untuk Tony, Sekot yang lama, Syarif menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang setulus-tulusnya atas pengabdian kepada pemerintah dan masyarakat Kota Ambon.

Sosok Tony, kata Syarif menapaki karier birokrasi dari level bawah hingga duduk di berbagai jabatan struktural. Yaitu sebagai pimpinan OPD hingga menempati jabatan Sekot, dan masuk purna bakti dengan pangkat/golongan IV/E.

Tony, bagi Sayrif merupakan pribadi yang pandai menempatkan diri. Oleh sebab itu semua hal positif yang dimilikinya dapat dijadikan contoh dan teladan.

“Beliau orang baik, bukan saja sebagai pemimpin, namun juga dapat berperan sebagai orang tua maupun teman disaat – saat tertentu,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Rulien E. Purmiasa yang menjabat Asisten Administrasi Umum (Asisten III) ditunjuk Wali kota Ambon, Richard Louhenapessy sebagai Plh Sekot dengan Surat Perintah nomor 800/4559/SEKOT Tahun 2021 tertanggal 30 November 2021.

Baca juga: Wali Kota Tunjuk Rulien Purmiasa Jadi Plh Sekot Ambon

 

Penulis: Husen Toisuta

Recent Posts

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024

Kapolda Ingatkan Personel Tingkatkan Soliditas Internal dan Sinergisitas Instansi Terkait

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kembali mengingatkan personel untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat,…

05/06/2024

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024