Categories: Hukum KriminalMaluku

Sidak dan Makan Siang Bersama Siswa Bintara di SPN Passo, Ini Pesan Kapolda Maluku

Share

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, melakukan inspeksi mendadak, sekaligus mengunjungi siswa Bintara Polri yang mengikuti pendidikan di SPN Polda Maluku, Passo, Kota Ambon, Rabu (30/3/2022).

Dalam kunjungan secara tiba-tiba itu, orang nomor 1 Polda Maluku ini juga ikut menyantap makan siang bersama ratusan siswa Bintara di ruang makan SPN Polda Maluku.

Sebelum duduk bersama dalam satu meja makan, Jenderal Latif terlebih dahulu mengecek barak atau ruang tidur para siswa, lemari pakaian, WC, air bersih, ruang kelas belajar dan peralatan lainnya.

Mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur ini pun menyampaikan arahan berupa pesan dan nasehat kepada sebanyak 150 siswa Bintara Polri gelombang pertama tahun 2022 tersebut.

“Hari ini saya hadir di tempat ini, makan bersama-sama kalian menggunakan ompreng yang sama, merasakan makanan yang sama bersama kalian,” kata Kapolda dalam arahannya.

Kapolda mengaku kedatangannya tidak diberitahukan kepada Kepala SPN. Hal itu disengaja untuk melihat potret yang apa adanya.

“Kalau baik ya pasti saya akan bilang baik, kalau masih ada kurang mari kita sempurnakan bersama dengan segala keterbatasan yang ada di SPN. Kita makan sama, lauknya sama, tidak lebih tidak kurang,” jelasnya.

Jenderal bintang 2 Polri ini mengaku sengaja datang untuk berbagi pengalaman. Sebab, polri yang diberikan pelayanan dari negara, maka harus sebaliknya pelayanan serupa juga diberikan kepada masyarakat.

“Kita ini semua mendapatkan suatu pelayanan dari negara, sehingga wajib kita memberikan pelayanan terbaik juga bagi rakyat. Kalian duduk di sini mungkin tempatnya panas, mungkin kursinya tidak ada sandaran, mungkin duduk di kursi kayu, makan di ompreng, tapi ribuan orang mungkin ingin duduk di tempat ini seperti kalian, ingin makan seperti yang kalian makan. Artinya kata pertama yang perlu saya ingatkan kalian harus bersyukur,” ungkapnya.

Bersyukur, kata Latif, adalah hal pertama yang harus ditanamkan atas apa yang didapatkan hari ini. Jangan melakukan pelanggaran sekecil apapun, melanggar kode etik, maupun disiplin polri.

“Kalian harus bersyukur terpilih diantara ribuan orang yang ingin menjadi aparat penegak hukum,” ingatnya lagi.

Mantan Kepala SPN Polda Sumatera Barat itu mengaku pendidikan yang dijalani saat ini selama 5 bulan. Setelah itu, para siswa akan terjun ke lapangan melayani masyarakat dengan berbagai tipe, karakter dan latar belakang pendidikan.

“Ada masyarakat yang mungkin pendidikannya lebih rendah dari kalian dan juga mungkin ada yang jauh lebih tinggi dari kalian. Tapi satu yang kalian miliki ketika lulus dilantik menjadi anggota Polri nantinya, kalian punya kewenangan penegakan hukum yang itu tidak bisa dimiliki orang lain. Dan kewenangan yang diberikan negara kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia tidak boleh disalahgunakan,” tekannya.

Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, tampak mengecek peralatan latihan siswa Bintara Polri di SPN Polda Maluku, Passo, Kota Ambon, Rabu (30/3/2022). (Foto: Husen Toisuta/AmbonKita.com)

Latif kembali mengingatkan para siswa Bintara untuk tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran di tempat ini. Banyak orang tua yang menginginkan anaknya mendapatkan pekerjaan yang baik, salah satunya menjadi anggota Polri.

“Ingat jangan selalu melihat ke atas, karena di bawah juga banyak orang lain yang lebih susah hidupnya dibanding kita. Tanamkan ini karena saya melihat masih banyak juga pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh anggota Polri,” kata dia.

Para siswa Bintara diminta untuk tidak menodai diri sendiri, dengan melakukan pelanggaran-pelanggaran kode etik, disiplin, bahkan terlibat dalam kasus pidana.

“Kita adalah pelayan, pelindung, pengayom. Saya ingin agar dipahami betul yang saya sampaikan ini. Jangan lakukan pelanggaran karena saya orang pertama yang akan menghentikan kalian,” tegasnya.

Menutup arahannya, Latif meminta para siswa untuk senantiasa menjaga persaudaraan antara satu dengan yang lainnya, serta menjaga kerukunan antara umat beragama.

“Kalian dari beragam suku, dari beragam agama yang ada, jadilah saudara-saudara yang baik di antara satu sama yang lain, kalian satu mistik, satu compreng di sini, kalian sudah seperti saudara, sehingga ini harus terus dipertahankan sampai selesainya masa pengabdian kalian kepada negara melalui institusi polri,” pungkasnya.

Baca juga: Warga Maluku di Jakarta Besok Demo Tagih Janji Presiden soal MLIN

Editor: Husen Toisuta

Recent Posts

Nobar Film Glenn Fredly The Movie, Kapolda: Esensi Film Ini Kita Jaga Kedamaian di Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi pejabat utama Polda Maluku melakukan…

05/08/2024

Ketua KPU Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

AMBONKITA.COM,– Ketua KPU Provinsi Maluku, Muh. Shadhek Fuad, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif…

05/07/2024

Wanita di Ambon Ini Dihukum Empat Tahun Penjara karena Narkotika

AMBONKITA.COM,- Katherina Tawaerubun, Terdakwa kasus peredaran narkotika di kota Ambon dihukum pidana penjara selama empat…

05/07/2024

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024