Categories: HeadlineOlahraga

Soal pinalti Mike Dean, selalu rugikan Liverpool

Share

AMBONKITA – Liverpool mengalami kekalahan 0 – 1 saat menhadapi Burnley dalam lanjutan Liga Inggris Jumat dinihari tadi. Namun, pertandingan tidak berakhir begitu saja, karena kini ramai dibahas soal kinerja Mike Dean, yakni wasit yang memimpin pertandingan Liverpool vs Burnley semalam.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Anfield,  Liverpool sebenarnya mengontrol jalannya permainan. The Reds tidak hanya unggul dalam penguasaan bola yang mencapai 70 persen, namun mereka juga melepaskan total 27 tembakan.

Namun, tidak ada satu pun dari upaya yang dilakukan oleh para pemain Liverpool menjadi gol. Sedangkan, Burnley yang hanya melepaskan enam tembakan justru mencetak satu gol lewat eksekusi penalti Ashley Barnes di menit ke-83.

Wasit Mike Dean menilai Alisson Becker melakukan pelanggaran terhadap Barnes yang sedang mengejar bola di kotak terlarang. Maka dari itu, Mike Dean menghadiahi Burnley penalti yang pada akhirnya membuat Liverpool tumbang.

Sedangkan sebelum terjadi pinalti , Liverpool seharusnya mendapatkan pinalti, karna Erik Pieters melakukan handsball di kotak pinalti. Tapi wasit Mike Dean tidak menggubrisnya.

Sepanjang gelaran Liga Inggris musim ini berlangsung, Mike Dean sejatinya sudah dua kali memimpin pertandingan Liverpool. Sebelum pertandingan melawan Burnley semalam, ia memimpin laga Liverpool vs Sheffield United yang dilaksanakan pada 24 Oktober 2020.

Menariknya, Mike Dean selalu menghadiahi kedua lawan Liverpool tersebut penalti. Di laga kontra Sheffield, Mike Dean menunjuk titik putih pada menit ke-13. Sander Berge yang menjadi eksekutor sukses membua Sheffield memimpin 1-0 pada saat itu.

Hanya saja, di laga melawan Sheffield tersebut Liverpool mampu bangkit. The Reds mencetak dua gol balasan masing-masing melalui Roberto Firmino dan Diogo Jota. Liverpool pun menang dengan skor 2-1.

Fakta lainnya, selama Mike Dean menjadi wasit di Liga Inggris, ia ternyata tak pernah memberikan hadiah penalti kepada Liverpool satu kali pun. Padahal, selama 21 musim bertugas di Liga Inggris, Mike Dean sudah memberikan 174 hadiah penalti kepada tim lain

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mengaku tidak bisa menilai apakah penalti yang diberikan wasit Mike Dean di laga kontra Burnley semalam sudah benar atau belum. Sebab, Alisson mengadu kepada Klopp bahwa ia tidak menyentuh Barnes sebelum insiden terjadinya penalti tersebut.

“Mereka mendapatkan penalti. Alisson mengatakan kepada saya bahwa dia tidak menyentuhnya, tetapi saya tidak melihatnya kembali,” terang Klopp kepada BBC, Jumat (22/01). (AFN)

Recent Posts

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024