Categories: Ambonkupariwisata

Sound of Green, Kota Ambon Raih Anugerah Pesona Indonesia 2021

Share

AMBONKITA.COM,- Kota Ambon kembali meraih penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021. Penghargaan yang diraih kali ini datang dari Atraksi Budaya Sound of Green (SoG).

Penghargaan tersebut diterima Asisten III Administrasi Umum, Rulien Evrien Purmiasa. Penghargaan itu diserahkan Direktur Merk dan Indikasi Geografis Kementerian Hukum dan HAM, Nofly.

Kegiatan Anugerah Pesona Indonesia berlangsung di Stable Berkuda Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (30/11/2021).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparektraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, dalam sambutannya secara virtual mengaku, API adalah acara tahunan yang dilakukan untuk memberikan apresiasi kepada masyarakat, serta mendorong peran memajukan promosi pariwisata Indonesia.

“Saya berharap API 2021 dapat membangkitkan sektor Pariwisata untuk maju, ekonomi bangkit,” kata Sandi.
Meski di tengah pandemi Covid-19 yang merupakan masa-masa sulit, namun Sandi mengaku terdapat beberapa kabupaten/kota di Indonesia mampu berkreasi, hingga berujung pada peningkatan ekonomi masyarakat.

“Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pemenang, terkhususnya kepada para pimpinan daerah yang menjadi ujung tombak pengambil kebijakan,” katanya.

Terpisah, Asisten Administrasi Umum, Rulien Purmiasa, mengaku penghargaan yang diterima ini menandakan brand musik dengan konsep SoG bisa membantu, dan menjadi solusi pelestarian lingkungan.

“Bagaimana kita melestarikan bambu sebagai dasar suling yang harus terus dilestarikan. Jika hal itu dilakukan, maka kita sudah menjaga lingkungan,” ujarnya.

Rulien berharap, generasi saat ini dapat mencintai lingkungan, menyatu dengan alam dan tidak sebaliknya terjadi ketergantungan pada gadget.

Direktur Molucca Bamboowind Orchestra (MBO), Rence Alfons, menambahkan, atraksi budaya SoG diikutsertakan dalam API 2021. SoG sendiri berlokasi di Dusun Tuni, Negeri Urimesing, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Rence menyampaikan, sejak 2006 silam, MBO dibentuk dengan tujuan untuk mempertahankan dan mengembangkan musik tradisional suling bambu di kota Ambon.

Kehadiran musik tradisional suling bambu Kota Ambon, kata dia, pernah berkolaborasi dengan DeltaDua yang tampil di 8 kota di Belanda (2011). Kemudian berkolaborasi dengan Glenn Fredly (Almarhum) saat pementasan Beta Maluku di taman Ismail Marzuki Jakarta (2011).

“Kemudian tampil di Jakarta Convention Centre pada acara Natal Nasional (2011), dan tampil di Hotel Ritzz Carlton Kuningan dengan tajuk Sound of The East yang difasilitasi oleh Kamenterian Pariwisata RI (2012),” ujarnya.

Rence mengakui dalam mempromosikan objek wisata di sota Ambon sangat sulit. Sebab harus bersaing dengan Bali atau Raja Ampat yang sudah lebih di kenal wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

“Hal yang paling tepat untuk diterapkan di Ambon adalah wisata berbasis Music Turism, di mana hal ini sejalan dengan kota Ambon yang ditetapkan sebagai kota Musik Dunia oleh UNESCO,” jelasnya.

Ia berharap, pemerintah dalam hal ini Dinas Pariwisata kota Ambon harus mampu berkolaborasi dengan semua stakholder untuk mengembangkan dunia pariwisata.

Penulis: Husen Toisuta

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024