SPDP Kasus Dugaan Korupsi Tukar Guling Lahan Perpustakaan Maluku Diterima Jaksa

Share

AMBONKITA.COM,- Kasus dugaan korupsi tukar guling lahan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Maluku dengan lahan milik Yayasan Poitech Hok Tong, dari penyelidikan telah ditingkatkan ke penyidikan oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Maluku.

Setelah ditingkatkan, Polda Maluku mengirimkan Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) kasus yang diduga ikut menyeret nama mantan Gubernur Maluku, Said Assagaff, Sekda Maluku, Hamin Bin Thahir dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku, Femy Sahetapy.

SPDP kasus tukar guling Perpustakaan Maluku tahun 2017 silam tersebut dikirim penyidik Ditreskrimsus Polda Maluku kepada Kejaksaan Tinggi Maluku pada 12 September 2022.

“Iya, sudah diterima SPDP sejak 12 September 2022,” kata Kasipenkum dan Humas Kejati Maluku, Wahyudi Kareba kepada wartawan, Senin (19/9/2022).

Direktur Reskrimsus Polda Maluku Kombes Pol Harold Wilson Huwae yang dikonfirmasi belum secara terbuka memberikan keterangan.

“Sabar ya, dalam waktu dekat akan kita ekspos. Tunggu tanggal mainnya saja,” kata Harold.

Kendati demikian, mantan Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease ini memastikan akan menuntaskan kasus tersebut.

BACA JUGA: Sempat Kabur Usai Tikam Supir Angkot, Warga Kudamati Ditangkap Terancam 2 Tahun Penjara

Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini, dalam transaksi tukar guling, diduga ada potensi kerugian keuangan negara sebesar kurang lebih Rp 3 miliar. Sebab, lahan Perpustakaan yang terletak di jalan AY Patty itu bernilai jauh lebih besar, dibanding tanah seluas dua hektar milik Yayasan Poitech Hok Tong di Desa Rumah Tiga, Kecamatan Teluk Ambon.

Kasus itu telah dibuat laporan polisi, yang diduga menyeret tiga nama mantan pejabat Pemprov Maluku. Diantaranya Gubernur Maluku, Sekda Maluku, dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku.

Penyelidikan kasus tersebut telah berjalan sejak tahun 2020 lalu. Selama dua tahun, kerja keras penyidik akhirnya menaikan status kasus itu dari penyelidikan ke penyidikan.

Page: 1 2

Recent Posts

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024

Kapolda Ingatkan Personel Tingkatkan Soliditas Internal dan Sinergisitas Instansi Terkait

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kembali mengingatkan personel untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat,…

05/06/2024

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024