Terminal LPG Wayame Ambon Diresmikan, Gubernur Apresiasi

Share

AMBONKITA.COM,- Terminal Liquefied Petroleum Gas (LPG) di Wayame, Kota Ambon, akhirnya diresmikan, Selasa (6/12/2022). Peresmian dilakukan Direktur Utama PT. Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution.

Peresmian yang ditandai penekanan tombol dan penandatanganan prasasti ini disaksikan Penjabat Sekda Maluku Sadali Ie dan Direktur Rekayasa dan Infrastruktur Darat, Edward Adolf Kawi.

Sadali Ie saat membacakan sambutan Gubernur Maluku, Murad Ismail, mengatakan, pembangunan salah satu proyek strategis nasional yaitu LPG di wilayah kerja Maluku dan Papua, merupakan bukti kerja pemerintah dalam memfasilitasi berbagai kebutuhan masyarakat akan bahan bakar khusus minyak dan gas. Terminal LPG ini berada dalam wilayah Provinsi Maluku pada terminal integrated Wayame Ambon.

“Infrastruktur hilir ini, tentu pada waktunya akan memperkuat distribusi LPG di wilayah Timur Indonesia, khususnya Maluku dan Papua sekaligus mendukung program pemerintah, agar masyarakat mulai beralih dari minyak tanah ke LPG (gas),” katanya.

BACA JUGA: Maluku dan Papua Bakal Punya Terminal LPG

PT. Pertamina, kata dia, melakukan pembangunan di seluruh Indonesia sebagai tugas utama untuk meningkatkan peran Pertamina, bersama Pemerintah Daerah. Hal ini dilakukan untuk memberikan kontribusi pada pencapaian kinerja perekonomian dan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik di wilayah kerja Provinsi Maluku, bagi perwujudan kesejahteraan masyarakat.

“Karena pembangunan terminal LPG di sini akan memberikan dampak antara lain terbukanya lapangan kerja baru, peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dampak lainnya seperti menggeliatnya berbagai usaha seperti rumah makan, restauran, cafe, katering dan kuliner serta usaha lainnya,” terangnya.

“Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Maluku, saya memberikan apresiasi dan dukungan kepada PT. Pertamina, dengan adanya terminal LPG harapannya agar ketersediaan dan pendistribusiannya berjalan dengan baik dan lancar bagi kebutuhan masyarakat. Dan selamat kepada pimpinan dan seluruh jajaran Pertamina atas peresmian dan pemanfaatan LPG di wayame ini,” pungkasnya.

Direktur Utama PT. Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution, menjelaskan, pembangunan terminal LPG merupakan komitmen Pertamina dengan pemerintah. Komitmen ini diupayakan dengan menyediakan BBM dan LPG yang dapat diakses dengan mudah, stok yang selalu tersedia dan tarif yang dapat dijangkau masyarakat.

“Itu yang menjadi komitmen kami. Intinya, memberikan manfaat bagi masyarakat Maluku dan sekitarnya,” tutup Alfian.

Pembangunan Terminal LPG Wayame Ambon merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional serta bagian dari penugasan pemerintah untuk penyediaan energi nasional. Ini diharapkan dapat menambah pasokan dan juga kehandalan infrastruktur energi nasional khususnya di wilayah Indonesia Timur.

Pembangunan terminal LPG merupakan penugasan Pemerintah melalui Keputusan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor: 2157 K/10/MEM/2017 Tentang Penugasan Kepada PT Pertamina (Persero) dalam Pembangunan dan Pengoperasian Tangki Penyimpanan Bahan Bakar Minyak Dan LPG.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Mobil Penumpang Terbalik di Asilulu, Satu Meninggal

AMBONKITA.COM,- Sebuah mobil penumpang berwarna oranye terbalik di tanjakan jalan desa Asilulu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten…

04/27/2024

Mantan Wali Kota Tual Jadi Tersangka, Begini Penjelasan Direktur Krimsus

AMBONKITA.COM,- Penyidik Ditreskrimsus Polda Maluku menetapkan Adam Rahayaan, mantan Wali Kota Tual, sebagai tersangka kasus…

04/26/2024

Sadali Ie Kini Penjabat Gubernur Maluku

AMBONKITA.COM,- Sadali Ie, Sekda Provinsi Maluku resmi dilantik sebagai Penjabat Gubernur Maluku. Ia dilantik Menteri…

04/26/2024

Kapolda Sidak Proses Rekrutmen Polri di SPN Passo

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, melakukan sidak proses rekrutmen Polri di SPN Polda…

04/26/2024

Mahasiswa di Ambon Ditemukan Tewas Gantung Diri

AMBONKITA.COM,- Marcelino Lattu, mahasiswa salah satu perguruan tinggi di kota Ambon, ditemukan tewas gantung diri…

04/26/2024

Polri Gelar Bakti Sosial di Negeri Ulath dan Ouw

AMBONKITA.COM,- Kepolisian Daerah Maluku bersama Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease melaksanakan kegiatan bakti sosial…

04/24/2024