Categories: AmbonkuHeadlineMaluku

Tiga Bulan Terakhir, 66 Warga Ambon Terpapar HIV-AIDS, YPM Gelar Workshop Akurasi Data Penderita

Share

Penulis : Hijrah 

AMBONKITA.COM- Sebanyak 66 warga Kota Ambon terpapar HIV-AIDS sejak tiga bulan terakhir, data Yayasan Pelangi Maluku (YPM) hasil ini merupakan hasil pemeriksaan dari 477 orang  oleh YPM sejak Januari 2021.

Selain itu YPM  menyebutkan ada 26 warga Ternate Maluku Utara juga terpapar HIV, YPM yang juga menangani wilayah Maluku Utara ini menyebutkan data yang dimiliki merupakan hasil temuan lapangan selama tiga bulan terakhir.

Hal ini disampaikan Johan Ferdinandus, Koordinator Lapangan (Korlap) YPM saat menggelar Case Conference atau pembahasan kasus bersama  dengan sejumlah instansi terkait,  Jum’at (9/4/2021),  di Terascoffee, Jalan Soabali, Kota Ambon. 

Menurut Johan Ferdinandus, Koordinator Lapangan (Korlap) YPM, Case Conference ini dimaksudkan untuk memverifikasi data dari Dinas Kesehatan pada aplikasi Siha dengan data temuan yang dihimpun oleh YPM pada aplikasi SIS.

“Dinas Kesehatan punya aplikasi Siha, aplikasi itu berisi data masyarakat yang sudah memeriksa HIV. Kalau di YPM namanya aplikasi SIS. Untuk aplikasi SIS ini kami lakukan jangkauan sekalian pemeriksaan,” ujar Johan.

Case Conference juga sebagai sarana untuk membahas sejumlah masalah di lapangan, dan untuk mendapatkan informasi tambahan serta menjalin kerjasama antara YPM, dengan perwakilan instansi yang hadir.

Johan menambahkan, dari pertemuan ini rencananya akan ada kerjasama yang disepakati antara YPM dengan RS Bhakti Rahayu Ambon yang belum tersedia pendamping bagi orang dengan HIV (ODHA).

“Rencananya dengan RS Bhakti Rahayu akan buat MoU untuk menyediakan pendampingan bagi ODHA. Sementara untuk RS Siloam belum ada, karena masih fokus penanganan Covid-19. Tapi kita akan selalu terbuka dengan pihak manapun yang mau diajak bekerjasama,” jelas Johan.

Bukan tanpa alasan, Johan membeberkan kasus HIV di Kota Ambon, mengalami peningkatan.

Pada Januari hingga Maret 2021, hasil pemeriksaan yang dilakukan YPM  terhadap 477 orang ditemukan sebanyak 66 orang telah tertular HIV di kota ini.

Tingginya angka penularan, kata Johan disebabkan karena perilaku dan pola hidup yang sering berganti-ganti pasangan seksual tanpa pengaman sehingga menjadi pemicu terkena infeksi HIV.

“Ini rentan terjadi pada komunitas gay, trangender, Pekerja Seks Perempuan (PSP) serta Lelaki Seks Lelaki       ( LSL) yang merupakan populasi kunci tingginya infeksi HIV di kota Ambon, ” jelas Johan.

Dalam tahun ini, lanjut Johan Yayasan Pelangi Maluku menargetkan akan melakukan pemeriksaan kepada 1.015 orang.

“Kita akan terus jalankan pemeriksaan mobile atau turun pada lokasi komunitas, melakukan edukasi HIV dan lakukan pemeriksaan. atau kita buat kunjungan layanan seperti ke Puskesmas,” pungkasnya

Johan berharap ada keseriusan sejumlah pihak baik pemerintah, LSM dan masyarakat dalam menanggulangi bersama masalah peningkatan HIV di kota Ambon dan Maluku secara umum. Bukan hanya itu, Johan juga mengingatkan ketahanan keluarga menjadi garda terdepan dalam mencegah HIV. (*)

Recent Posts

Nobar Film Glenn Fredly The Movie, Kapolda: Esensi Film Ini Kita Jaga Kedamaian di Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi pejabat utama Polda Maluku melakukan…

05/08/2024

Ketua KPU Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

AMBONKITA.COM,– Ketua KPU Provinsi Maluku, Muh. Shadhek Fuad, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif…

05/07/2024

Wanita di Ambon Ini Dihukum Empat Tahun Penjara karena Narkotika

AMBONKITA.COM,- Katherina Tawaerubun, Terdakwa kasus peredaran narkotika di kota Ambon dihukum pidana penjara selama empat…

05/07/2024

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024