Tiga Paskibraka, Upacara HUT KE 75 RI di Lapangan Merdeka Ambon Lancar

Share

AMBONKITA.COM,-Di tengah pandemi covid-19, upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 75 Republik Indonesia (RI) digelar di Lapangan Merdeka Kota Ambon, Senin (17/8/2020). Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Gubernur Maluku Murad Ismail dan naskah detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dibacakan oleh Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury.

Doa dibacakan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Maluku, Djamaludin Bugis.  Sementara itu komandan upacara adalah Letkol Inf David Surisno Sirait, Komandan Batatlyon (Danyon) 733 Raiders.

Upacara dimulai pukul 10.00 WIT dan berjalan lancar dan penuh khidmat. Namun tidak seperti upacara HUT RI biasanya, pelaksanaan upacara HUT ke 75 RI di masa pandemi covid-19 menerapkan prokol kesehatan. Jumlah peseta upacara, undangan dan Paskibraka diminimalis.

Peserta upacara hanya sekitar seratus orang terdiri dari aparat TNI/Polri dan unsur Aparatur Sipil Negara. Barisan pun berjarak. Begitu juga dengan undangan yang hadir tidak sampai seratus orang, dengan duduk berjarak dan semuanya menggunakan masker.

Pada upacara HUT ke 75 RI ini, hanya ada tiga anggota Paskibraka tanpa pasukan pengawal TNI dan Polri. Tiga anggota Paskibraka itu sukses mengibarkan Bendera Merah Putih. Mereka adalah Siti Nb Marasabessy, alumni siswi MAN Ambon, pembawa Bendera Merah Putih, dan dua rekannya Petrus Anderias de Kock, alumni siswa SMA Negeri 4 Ambon dan Evangelio Eugene Margery Siahaya, siswa Kelas XII  SMK Negeri 6 Ambon.

Ketiganya adalah purna Paskibraka atau perna bertugas sebagai Paskibraka pada HUT ke 74 RI Tahun 2019 di Lapangan Merdeka Ambon. Karena Covid-19, tidak ada seleksi Paskibraka. Paskibraka diambil dari pasukan 17 Paskibraka 2019.

Pada upacara HUT ke  75 RI, pembawa Bendera Merah Putih membawa langsung dari luar lapangan untuk dikibarkan. Tidak seperti biasa pembawa baki mengambil bendera dari inspektur upacara.

Selain itu, pada upacara HUT RI kali ini tidak dilibatkan paduan suara seperti biasanya. Lagu Indonesia Raya yang mengiringi pengibaran Bendera Merah Putih diputar lewat rekaman suara di Lapangan Merdeka.

Upacara HUT ke 75 RI dihadiri unsur Forkopimda Maluku yakni, Pangdam 16 Pattimura, Mayjen TNI Agus Rohman, Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar, Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno, Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan sejumlah pejabat lainnya.

Ratusan warga Kota Ambon juga antusias menyaksikan upacara HUT ke 75 RI. Pada upacara HUT ke 75 RI ini, Gubernur menyerahkan Surat Keputusan Menkumham kepada Kepala Kanwil Kemenkumham Maluku terkait pemberiaan resmisi 17 Agustus kepada napi di Maluku.(SADI)

 

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024