Tiga Tersangka di Kasus Oplosan BBM Subsidi di SBB

Share

AMBONKITA.COM,- Tim penyidik Ditreskrimsus Polda Maluku akhirnya menetapkan tiga tersangka dari lima orang yang sempat diamankan dalam penggerebekan gudang oplosan BBM subsidi di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Tiga orang yang ditetapkan tersangka ialah pemilik BBM subsidi yakni H. Saleh (HS), sopirnya Maru Raheng (MR), dan Adul Jainal (AJ), karyawan yang mengoplos BBM. Sementara dua orang lainnya sebagai saksi.

“Untuk kasus BBM oplosan sudah tiga orang yang kita tetapkan tersangka. Yaitu HS, AJ dan MR,” kata Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda Maluku, Kompol Andi Zulkifli, Rabu (20/9/2023).

Gudang oplosan BBM subsidi milik H. Saleh berada di Dusun Waiselang, Desa Kairatu, Kecamatan Kairatu, Kabupaten SBB. Setelah dioplos antara minyak jenis solar dengan minyak tanah kemudian diedarkan kepada masyarakat.

BACA JUGA: Grebek Gudang di SBB, Polisi Amankan 13,6 Ton BBM Subsidi Oplosan

Andi mengatakan ketiga tersangka telah melanggar Undang-Undang (UU) Nomor 22 tahun 2001 tentang Migas, dan UU Nomor 6 tahun 2023 tentang penetapan peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 2 tahun 2023 tentang cipta kerja menjadi UU.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 13,6 ton BBM oplosan diamankan penyidik Ditreskrimsus Polda Maluku dalam penggerebakan yang dilakukan pada Sabtu (16/9/2023) dan Minggu (17/9/2023) di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB). Polisi juga mengamankan sebanyak 600 liter minyak tanah murni, dan lima orang warga yang diduga menjalankan bisnis illegal tersebut. Mereka ialah MR, SR, AR, AJ dan HS.

Praktek curang BBM oplosan itu terungkap karena partisipasi masyarakat yang memberikan informasi kepada pihak kepolisian.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Raja Dullah Kota Tual Ajak Warga Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Rat atau Raja Dullah, Kota Tual, Bayan Renuat, menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama aparat…

05/18/2024

Calon Taruna Akpol Tes Akademik CAT, Kapolda: Tes Dipantau Langsung oleh Pengawas Eksternal dan Mabes Polri

AMBONKITA.COM,- Calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di wilayah Polda Maluku mengikuti tes Computer Assisted Test…

05/18/2024

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024

Siboalamo Siap Ambil Alih Blok Migas Bula

AMBONKITA.COM,- Kabupeten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan satu-satunya daerah penghasil minyak bumi di Maluku yang sudah…

05/16/2024

Jelang Purna Bakti, Kabid Humas Polda Maluku Pamit ke Wartawan

AMBONKITA.COM,- Dua bulan lagi, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat purna tugas…

05/16/2024