Categories: Daerahku

TNI AL Kerahkan Kapal Perang Jangkau Daerah Vaksinasi Rendah di Maluku

Share

AMBONKITA.COM,- Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon mengerahkan kapal perang untuk menjangkau daerah-daerah yang data vaksinasi covid-19, tercatat masih rendah di Kepulauan Maluku.

Kapal Angkatan Laut (KAL) yang dikerahkan menjalankan program Serbuan Vaksin Masyarakat Maritim di Maluku ini yaitu Alkura. Kapal itu mengangkut tenaga kesehatan dan tim vaksinator dari Rumkital dr. F.X Suhardjo Lantamal IX.

Sejak Rabu (17/11/2021) hingga Kamis (18/11/2021) ini, kapal tersebut masih berlabuh di perairan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah.

“Saat ini KAL Alkura masih berlabuh di perairan Pulau Haruku. Kemarin kita memberikan vaksinasi kepada warga desa Pelauw sebanyak 200 orang. Hari ini juga ditargetkan jumlah yang sama kepada warga desa Kailolo,” kata Komandan  Lantamal IX, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, melalui Kepala Dinas Penerangan, Kapten Masrukin, kepada AmbonKita.com.

Serbuan Vaksin Masyarakat Maritim di wilayah Maluku, kata dia, dilaksanakan sesuai dengan instruksi Presiden RI H. Joko Widodo, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto, dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Yudo Margono.

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mempercepat capaian vaksinasi covid-19 menuju tercapainya herd immunity atau kekebalan kelompok,” tambahnya.

Senada, Kepala Rumkital dr. FX. Suhardjo Lantamal IX Letkol Laut (K) drg. Bambang Teguh, mengaku, vaksinasi massal untuk membantu pemerintah akan terus dilaksanakan.

“Vaksinasi covid-19 akan terus dilaksanakan terutama upaya untuk menjangkau wilayah yang capaian vaksinasi masih rendah,” ujarnya.

Sebagai komponen utama dari pertahanan negara, dokter Bambang mengaku pihaknya akan senantiasa mendukung setiap kebijakan pemerintah dalam menghadapi tantangan nyata. Termasuk penanggulangan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

“Kita akan terus mendukung kebijakan pemerintah tanpa mengurangi tugas pokok kami sebagai garda utama pertahanan,” sebutnya.

Pihaknya, lanjut Bambang, juga akan terus bersinergi dengan satuan TNI, Polri, Instansi Pemerintah, Pemerintah Daerah, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

“Kita akan terus laksanakan serbuan vaksinasi masyarakat maritim, baik di perkotaan, pedesaan, pulau-pulau kecil dan pulau-pulau terluar. Terutama daerah yang sulit terjangkau vaksinasi maupun tingkat persentase vaksinasi yang masih rendah,” katanya.

Untuk diketahui, dalam proses vaksinasi massal covid-19 tersebut, TNI AL menggunakan vaksin jenis Sinovac dan P-Fizer. Tim vaksinator yang dikerahkan sebanyak 20 orang.

Penulis: Husen Toisuta

Recent Posts

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024

Siboalamo Siap Ambil Alih Blok Migas Bula

AMBONKITA.COM,- Kabupeten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan satu-satunya daerah penghasil minyak bumi di Maluku yang sudah…

05/16/2024

Jelang Purna Bakti, Kabid Humas Polda Maluku Pamit ke Wartawan

AMBONKITA.COM,- Dua bulan lagi, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat purna tugas…

05/16/2024

Pemilik Emas Illegal yang Ditangkap di Ambon Terancam Penjara 4 Tahun

AMBONKITA.COM,- Terdakwa Azan, pemilik emas sebanyak 4 keping seberat 420,43 gram yang diduga ilegal terancam…

05/15/2024

Pelatihan Videografer & Fotografer, Kapolda Sebut Bidhumas sudah Bertransformasi

AMBONKITA.COM,- Bidang Humas Polda Maluku melaksanakan kegiatan pelatihan video grafer dan foto grafer kepada para…

05/15/2024