Categories: AmbonkuHeadline

Walikota Putuskan PSBB Ambon Diperpanjang

Share

AMBONKITA.COM-Walikota Ambon Richard Louhenapessy memutuskan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Ambon diperpanjang lagi.

PSBB seharusnya berakhir Minggu (5/7/2020) namun karena Kota Ambon secara nasional masih masuk zona merah penyebaran Virus Corona atau Covid-19, maka Pemerintah Kota Ambon memutuskan pelaksanaan PSBB diperpanjang lagi hingga dua pekan kedepan.

“Kita sudah rapat koordinasi dengan berbagai pihak, kesimpulan kita walaupun hasil terakhir kajian kita sudah mendekati zona orange, tapi karena secara nasional Kota Ambon masih masuk dalam zona merah dari 53 kabupaten kota, sehingga kita menyesuaikan dengan zona merah itu. Dan nanti setelah tanggal 5 Juli, Pemerintah Kota akan menyurati Pemerintah Provinsi Maluku untuk memperpanjang PSBB,” kata Walikota kepada wartawan usai sosialisasi pelaksanaan PSBB di Aula Slamet Riyadi Korem 151/Binaiya, Jumat (3/7/2020) petang.

Namun Walikota mengatakan bila sampai waktu batas akhir PSBB pada Minggu (5/7/2020), Kota Ambon bisa menekan laju angka terkonfirmasif positif covid-19, dan turun dari level zona merah ke zona orange penyebaran covid-19, maka tentu hal ini akan menjadi pertimbangan pihaknya untuk mengusulkan ke Pemprov Maluku agar PSBB tidak diperpanjang lagi.

“Idealnya PSBB itu dilaksanakan 2 x 14 hari, tapi kalau misalnya dalam perjalanan sampai tanggal 5 Juli, kita bisa menekan angka sampai masuk zona orange, bisa itu kita minta pertimbangkan ke Provinsi Maluku untuk kita tinjau dia. Tapi untuk sementara kita tetap memperpanjang dulu sesuai rekomendasi dari konsultan medis untuk mengantisipasi kemungkinan yang terjadi,” jelas Walikota.

Pemkot Ambon sejak Senin (22/6/2020) hingga Minggu (5/7/2020) nanti menerapkan PSBB di Kota Ambon untuk mempercepat penangangan covid-19 di Kota Ambon. Walikota mengakui selama PSBB berlangsung jumlah kasus terkonfirmasi positif covid-19 bisa ditekan.

Namun dari jumlah kasus yang turun belum bisa membebaskan Kota Ambon dari zona merah penyebaran covid-19. Karena itu, pihaknya memutuskan pelaksanaan PSBB diperpanjang lagi.

Walikota meminta semua pihak untuk bersama-sama membebaskan Ambon dari zona merah penyebaran covid-19 dan turun levelnya menjadi orange. Sehingga dengan begitu PSBB cepat berakhir dan Ambon bisa menuju new normal atau tatanan hidup baru dengan menerapkan protokol kesehatan.(MDI)

Recent Posts

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024

Kapolda Ingatkan Personel Tingkatkan Soliditas Internal dan Sinergisitas Instansi Terkait

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kembali mengingatkan personel untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat,…

05/06/2024

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024