Warga Kabauw dan Latu Rajut Persaudaraan

Share

AMBONKITA.COM,- Perwakilan tokoh masyarakat dan pemuda dari Desa Kabauw, Kecamatan Pulau Haruku dan warga Desa Latu, Kecamatan Amalatu menggelar acara silaturahim di Masjid Raya Alfatah Ambon, Jumat (7/1/2022).

Pertemuan yang berlangsung secara hangat dan penuh kekeluargaan itu dilakukan perwakilan kedua desa untuk mencegah berbagai isu liar di masyarakat pasca terbunuhnya Apsar Pattimura (19) di kawasan Pasar Mardika, Kota Ambon pada Minggu (2/1/2022).

Dalam insiden itu, pelaku penikaman Ramlan Karepesina (33) kini telah ditahan setelah menyerahkan diri. Saat ini tersangka masih menjalani proses hukum di Polresta Pulau Ambon.

Puluhan warga dari kedua desa yang berkumpul, juga ikut berdoa secara khusus mendoakan almarhum agar dapat diterima di sisi Allah SWT.

Selain itu, perwakilan warga Kabauw juga ikut menyumbangkan uang duka yang mereka kumpulkan untuk keluarga korban yang ditinggalkan.

Kepala Pemuda Negeri Kabauw, Bambang Sella mengungkapkan penyesalannya atas insiden yang menyebabkan Apsar meninggal dunia.

Bambang berulang kali menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga korban dan seluruh masyarakat negeri Latu atas perbuatan Ramlan yang dinilainya sangat tidak beradab.

“Dari lubuk hati yang paling dalam, saya Kepala Pemuda Kabauw mewakili seluruh masyarakat Negeri Kabauw meminta maaf yang paling dalam kepada keluarga korban dan seluruh masyarakat Negeri Latu atas kejadian ini,” ungkapnya.

Bambang yang juga Anggota TNI pun mengutuk keras perbuatan pelaku yang dinilainya telah melakukan tindakan di luar batas dan melanggar hukum. Ia mengaku tidak pernah menyangka kejadian tragis itu akan terjadi apalagi hingga menyebabkan adanya jatuh korban.

Ia mengaku setelah mendapatkan informasi itu, dia langsung berkoordinasi dengan warga Negeri Latu untuk meredam masalah yang terjadi agar tidak melebar. Apalagi selama ini hubungan warga Kabauw dan warga Latu sangat baik dan tidak pernah ada masalah.

“Saya langsung hubungi Wakil Kepala Pemuda Latu. Saya sangat berterima kasih dan menaruh hormat kepada seluruh warga Latu karena bisa duduk bersama menerima kita di sini,” katanya.

Terkait uang duka yang diberikan kepada keluarga korban, Bambang mengaku uang tersebut bukanlah pengganti dari nyawa korban. Namun sebagai bentuk tanggung jawab moril warga negeri Kabauw kepada keluarga korban.

“Sedikit uang yang kita serahkan ini bukan pengganti nyawa korban. Tapi niat kita untuk ibadah semoga segala amal ibadah Almarhum diterima di sisi Allah SWT,” katanya.

Senada dengan Bambang, tokoh masyarakat Kabauw di Ambon yang hadir dalam pertemuan itu juga ikut menyampaikan rasa duka mendalam atas kejadian yang tidak disangka-sangka tersebut.

Mereka juga menyampaikan rasa syukur dan terima kasih yang sebesar-besarnya karena warga Latu dapat berlapang dada serta dapat menunjukkan adab yang tinggi dalam merespons masalah yang terjadi dengan damai tanpa kekerasan.

Selain itu para tokoh masyarakat Kabauw juga mengapresiasi sikap warga Latu karena mau menyambut baik pertemuan yang digagas untuk mengakhiri masalah yang terjadi.

“Semoga di hari Jumat yang penuh berkah dan di tempat yang mulia ini Allah SWT dapat mendekatkan dan merekatkan persaudaraan kita warga Kabauw dan Latu agar lebih erat lagi,” kata Abdul Manan Latuconsina yang juga Sekretaris MUI Maluku.

Sementara tokoh masyarkat Kabauw lainnya, Sulaiman Wasahua mengaku pertemuan silaturahim yang dilakukan itu tidak bermaksud untuk mengintervensi proses hukum yang saat ini sedang berjalan di Polresta Pulau Ambon.

“Kita mendukung proses hukum kasus ini, karena itu saya ingin tegaskan pertemuan ini tidak boleh menjadi alasan untuk mengintervensi proses hukum yang sedang berjalan,” katanya.

Sesepuh warga Latu di Ambon, Kuripa Mussa mengaku warga Latu telah menyerahkan persoalan tersebut untuk ditangani secara hukum. Karena itu warga Latu khususnya yang ada di Ambon tidak ingin ada masalah yang berkepanjangan.

“Masalahnya sudah diproses hukum, dan sejujurnya kami warga Latu tidak ingin masalah ini berlarut-larut, karena itu hanya kan membuat kita semua menanggung kerugian,” katanya.

Dia juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada warga Negeri Kabauw khususnya kepala pemuda Kabauw dan jajarannya yang dinilai sangat tanggap untuk membuka ruang komunikasi guna mencegah kejadian yang tidak diinginkan terjadi.

“Semoga apa yang kita lakukan hari ini mendapat keberkahan dan menjadi contoh bagi desa-desa lainnya dalam menyelesaikan setiap masalah yang terjadi,” katanya.

Sementara itu sesepuh warga Latu lainnya Abdullah Patty menyampaikan apresiasi atas itikad baik dan empati yang ditunjukkan warga Negeri Kabuw terhadap warga Latu khususnya keluarga korban.

Ia berharap silaturahim yang dilakukan itu dapat lebih mendekatkan lagi warga Negeri Latu dan Kabauw agar ke depan lebih merekatkan lagi persaudaraan antara kedua negeri.

“Semoga pertemuan ini membawa berkah dan semoga kita semua dapat dilindungi dan dijauhkan dari berbagai musibah oleh Allah,” harapnya.

Usai pertemuan itu, warga Latu dan Kabauw saling bersalaman dan berpelukan satu sama lain dalam suasana penuh kekeluargaan.

Selain dihadiri Kepala Pemuda Negeri Kabuw dan Wakil kepala Pemuda Negeri Latu dan sesepuh dari kedua desa, pertemuan itu juga ikut dihadiri Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Azis Sangkala yang merupakan sesepuh warga Kabuw.

Editor: Husen Toisuta

Recent Posts

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024