Categories: DaerahkuMaluku

41 Ton Migor Curah Kemasan Didistribusikan Kemendag ke Maluku

Share

AMBONKITA.COM,- Pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan RI mendistribusikan sebanyak 41 ton minyak goreng (migor) curah kemasan ke provinsi Maluku.

Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, Yahya Kotta, mengaku terdapat kebijakan pemerintah terkait minyak curah. Minyak curah itu, lanjut dia, tidak berlabel dan merk.

“Tetapi kebijakan pemerintah Indonesia lewat Menteri Perdagangan itu mengkhususkan 5 provinsi yaitu Maluku, Papua, Papua Barat, Maluku Utara serta NTT dapatkan jatah minyak curah dalam bentuk kemasan, sebanyak 41 ton, produksi PT. Sinas Mas,” kata Yahya pada Kamis (14/4/2022).

Yahya mengaku, harga per liter minyak curah tersebut sebesar Rp 14 ribu. Sementara per kg seharga Rp 15.500 sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Untuk Provinsi Maluku sudah ada di pelabuhan Yos Sudarso dan akan didistribusikan oleh distributor Tri Samudera,” sebutnya.

Baca juga: 38 Desa di Ambon Jadi Lokus Stunting

Minyak curah yang didistribusikan Kemendag ini, lanjut Yahya, untuk membantu kebutuhan migor yang secara nasional mengalami kelangkaan meski di Maluku sendiri tidak alami itu dan harga migor dipasaran berkisar Rp 25 ribu sampai Rp 27 ribu per liter per merk.

“Bahkan beberapa waktu lalu posisi migor baik itu premium, sederhana tersedia dalam jumlah yang cukup, tapi dengan adanya program pemerintah distribusikan minyak curah dan Maluku dapatkan jatah itu sehingga mau tidak mau kita harus terima,” jelasnya.

Lebih lanjut Yahya menyampaikan bahwa harga migor curah ini diupayakan akan tetap sesuai HET meski didistribusikan ke kabupaten/kota.

“Ini diupayakan agar ketika didistribusikan ke kabupaten/kota pun harga tetap seperti itu sesuai HET minyak curah,” pungkasnya.

Editor: Husen Toisuta

Recent Posts

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024