Ambon Raih Penghargaan Kota Kreatif Indonesia 2021

Share

AMBONKITA.COM,- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (RI) memberikan penghargaan kepada Ambon sebagai kota kreatif 2021, khususnya berbasis musik.

Penghargaan diterima Wakil Wali Kota Ambon, Syarief Hadler, langsung dari Mentri Parekraf, Salahudin Sandiaga Uno, dalam acara puncak Workshop Penetapan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif 2021, di Swisbell Hotel Borneo – Samarinda, Selasa (30/11/2021).

Menparekraf Salahudin dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada para pemenang KaTa Kreatif 2021. Menurutnya, hal ini sangat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat di wilayah masing-masing.

Masa pandemi Covid 19, kata dia, merupakan masa-masa yang sulit, namun beberapa kabupaten kota mampu berkreasi yang berujung pada peningkatan ekonomi bagi masyarakatnya.

“Karena itu, saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pemenang, terkhususnya kepada para pimpinan daerah yang menjadi ujung tumbak pengambil kebijakan,” sebutnya.

Salahuddin berharap penetapan ini menjadi pemacu bagi kabupaten/kota lain, agar dapat menggali serta mengembangkan ekonomi kreatif di daerah masing-masing.

“Potensi Subsektor Kuliner Kota Samarinda misalnya, dinilai cukup baik dilihat dari geliat para pelaku ekonomi kreatif yang berkiprah dikancah nasional maupun internasional. Saya berharap ini dapat memacu dan memicu semangat kita untuk lebih berkreasi,” pintanya.

Disampaikan, pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia, dikalkulasikan terus bertumbuh dan membuka lapangan pekerjaan yang semakin besar bagi masyarakat. Oleh karena itu, Sandi mendukung melalui beberapa program kreatif guna membantu daerah-daerah di Indonesia.

“Dengan kerjasama antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, semoga ekosistem ini dapat kita bangun bersama demi mewujudkan masyarakat yang kreatif, sejahtera, adil dan makmur,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Wakil Wali kota Ambon mengatakan, penghargaan yang diraih merupakan pengakuan Pemerintah Pusat melalui Kemenparekraf terhadap kinerja Pemerintah serta masyarakat kota Ambon dalam mewujudkan Kota Kreatif berbasis musik.

“Goal kita adalah mewujudkan Ambon sebagai Kota Kreatif berbasis musik, dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki masyarakat yang berujung pada peningkatan ekonomi masyarakat. Dan penghargaan ini adalah sebagai bonus dari kerja keras dan kerja cerdas kita bersama,” katanya.

Untuk diketahui, saat penerimaan penghargaan itu, Syarief didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon, R. Hayat, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, A. Mintik dan Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, O. Parinussa.

Penulis: Husen Toisuta

Recent Posts

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024

Kapolda Ingatkan Personel Tingkatkan Soliditas Internal dan Sinergisitas Instansi Terkait

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kembali mengingatkan personel untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat,…

05/06/2024

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024