Benteng Victoria Difungsikan sebagai Situs Sejarah, Markas Kodam XVI Pattimura Bakal Pindah ke Tawiri

Share

AMBONKITA.COM  – Permohonan Walikota Ambon Richard Louhenapessy untuk mengembalikan fungsi Benteng Victoria sebagai situs sejarah akhirnya direstui Menteri Pertahanan.

Bahkan rencananya Markas Kodam XVI Pattimura yang menempati benteng ini akan dipindahkan ke kawasan Tawiri Kota Ambon.

Menurut Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) RI, Letjen TNI Muhammad Herindra,   Kementerian Pertahanan RI sudah menyetujui dan merestui rencana Revitalisasi Benteng Victoria dan Relokasi Markas Kodam XVI Pattimura.

“Kita sudah mendapat informasi, tentang relokasi markas Kodam XVI Pattimura yang baru di Desa Tawiri.

Tujuan revitalisasi Benteng Victoria juga jelas peruntukkannya. Jadi kami setuju dan dukung rencana tersebut,” kata Wamenhan.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, saat menemui Wamenhan  di Gedung Kementerian Pertahanan Jakarta, Jumat (19/2/2021), menyampaikan ucapan terimakasihnya atas persetujuan tersebut.

Menurut  Wamenhan, rencana  merevitalisasi Benteng Victoria  sudah ditetapkan lewat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Rencananya akan menjadi  Cagar Budaya Nasional untuk  menarik perhatian wisatawan.

“Revitalisasi ini akan membawa dampak yang positif bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, ini langkah yang tepat dan sangat baik,” aku Wamenhan.

Hal ini disambut baik, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy yang menyebutkan persetujuan Kemenhan RI memberi peluang untuk segera merealisasi rencana membangun kembali situs sejarah ini.

“Dari hasil audiensi bersama Kementerian PU, kita diminta untuk meminta restu dari Kementerian Pertahanan agar selanjutnya rencana revitalisasi dan relokasi tersebut dapat di follow up oleh Kementerian PU,” kata Walikota.

Karena itu dalam waktu dekat pihaknya akan  menyerahkan laporan resmi ke Kantor Staf Kepresidenan untuk ditindaklanjuti melalui rapat koordinasi Kementerian dan Lembaga.

“Sebelumnya, kita sudah melakukan pertemuan dengan Pak Moeldoko, dan beliau sudah menugaskan deputi 1 untuk menangani kelanjutan prosesnya,” imbuh Walikota.

Untuk revitalisasi itu sendiri, lanjut Walikota, akan mengacu pada desain mula-mula Benteng Victoria yang saat ini ada di salah satu museum di Belanda.

“Revitalisasi akan mengikuti desain awal Benteng Victoria. Semacam replikasi dengan mengikuti sketsa yang ada, sehingga nilai sejarah Benteng tersebut tetap terjaga,” akuinya.

Atas persetujuan dan restu dari Kementerian Pertahanan RI, Walikota Ambon yang dalam audiensi menyampaikan terimakasihnya.

Di didampingi  Kepala Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan Kota Ambon, Enrico Matitaputty, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon, R.Hayat serta Kepala Bagian Komunikasi Pimpinan dan Protokol, A.Mintik.

Sedangkan Wamenhan didampingi Irjen Kemhan, Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana, Dirjen Kuathan, Marsda TNI Ponang Jawoto, Kapus BMN, Laksma TNI Agus Ismanto; dan Karohumas, Brigjen TNI Ignatius Eko Djoko. (*)

Editor : Insany Syahbarwaty

Recent Posts

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024

DPRD Maluku Temui Kepala BNN RI Bahas Masalah Narkotika

AMBONKITA.COM,- Anggota DPRD Provinsi Maluku yang dipimpin langsung oleh Ketua Benhur G. Watubun, menemui Kepala…

04/30/2024