Categories: Maluku

Dua Pendeta dan Satu Presbiter Perempuan di MPH Sinode GPM

Share

AMBONKITA.COM- Doa dan harapan sejumlah aktifis dan pendeta  perempuan di Maluku terjawab, setidaknya dua  pendeta perempuan dan satu presbiter kini duduk dalam Majelis Pekerja Harian (MPH) Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM).

Setelah pergulatan panjang dalam Sidang Sinode GPM ke-38 yang berakhir Kamis (18/2/2021) terpilih secara voting suara,  Pendeta E.T Maspaitella sebagai Ketua Sinode periode 2020-2025.

Namun yang menarik dari pemilihan MPH, dua  pendeta  dan satu presbiter perempuan duduk  dalam MPH GPM.

Tak tanggung-tanggung, jabatan Wakil Ketua  justru diduduki perempuan. Pendeta Lenny Bakarbessy Rangkoratat terpilih sebagai Wakil Ketua I Sinode GPM.

Pendeta Lenny merupakan Ketua Klasis Tanimbar Selatan yang juga ketua panitia Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Maluku yang akan digelar tahun ini.

Selain Pendeta Lenny, dua perempuan lainnya, yakni Pendeta Nancy Souissa-Gaspers yang bergelar doktor juga sebagai anggota MPH Sinode GPM.

Perempuan ketiga dalam formasi ini adalah seorang perempuan muda yang juga bergelar doktor, yakni Presbiter Betty Sahertian-Latumenasse juga terpilih sebagai anggota MPH Sinode GPM.

Hujan selamat berdatangan dari pendeta dan aktifis  perempuan diantaranya Penatua  Majelis Jemaat Ebenhaezer Skip Klasis Kota Ambon, Maureen Movieta yang menyampaikan selamat kepada wakil ketua terpilih pendeta Lenny.

Di laman Facebooknya,  Maureen mengatakan, cara Tuhan yang hebat untuk membuktikan bahwa perempuan juga memiliki kapabilitas dalam peran-peran strategis di gereja untuk pekerjaanNya di GPM.

”Tetap setia Kaka, katong (kita) samua Peruati di Maluku tongka balakang (mendukung),” ujar Ketua Perempuan Berpendidikan Teologi (Peruati) ini,  di laman facebooknya.

Sementara Lusi Peilouw aktifis perempuan ini memasang foto tiga pendeta diantara MPH pendeta laki-laki dan mengucapkan selamat atas bertambahnya formasi 30 persen perempuan di MPH GPM yang selama ini diharapkan. (*)

Penulis/Editor : Insany Syahbarwaty

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024