Categories: HeadlineMalukuPolitik

Enam Balon DPD RI Lolos Verifikasi Administrasi KPU Maluku

Share

AMBONKITA.COM,-  Sebanyak 6 bakal calon (balon) anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dinyatakan memenuhi syarat (MS) verifikasi administrasi dukungan dan sebaran oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku.

6 dari 16 balon yang dinyatakan MS yaitu Ali Roho Talaohu, Ana Latuconsina, Mirati Dewaningsih, Nono Sampono, Novita Anakotta, dan Samson Yasir Alkatiri. Sementara 10 balon lainnya masih diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan sejak hari ini Senin (16/1/2023) sampai dengan Minggu (22/1/2023).

“Hari ini kami akan menyampaikan hasil verifikasi administrasi dimana kita merujuk pada pasal 43 tentang verifikasi administrasi oleh Komisi Pemilihan Umum provinsi Maluku. Dan hasilnya akan disampaikan oleh Abdul Khalil Tianotak,” kata Ketua KPU Maluku, Samsul Rifan Kubangun kepada wartawan di Kantor KPU Maluku, Kota Ambon, Senin (16/1/2023).

10 balon yang belum memenuhi syarat (BMS), kata dia, yaitu Frankois Orno, Siti Aminah Amahouru, Abu Kasim Sangadji, H.M. Yasin Welson Lajaha, Melkias Frans, Hasanudin Rumra, Ali La Opa, Didon Limau, Bisri As Shiddiq Latuconsina, dan Joseph Sikteubun.

BACA JUGA: Hanya 16 Balon DPD RI Mendaftar di KPU Maluku

“Untuk 10 bakal calon yang belum memenuhi syarat masih diberikan kesempatan untuk mengajukan perbaikan sejak hari ini sampai dengan 22 Januari 2023,” katanya.

Sementara itu, Abdul Khalil Tianotak, koordinator devisi teknis penyelenggaraan KPU Provinsi Maluku, mengatakan, 6 balon dinyatakan MS setelah mereka memenuhi syarat dukungan minimal 2000 yang tersebar di 6 kabupaten kota di provinsi Maluku.

“Untuk 10 bakal calon lainnya masih diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan. Setelah verifikasi administrasi perbaikan, maka kita tetapkan nama-nama bakal calon (DPD) mana saja yang berhak mengikuti tahapan selanjutnya yaitu verifikasi faktual,” ungkap Tianotak.

Siapa yang akan lolos bersama 6 balon sebelumnya yang telah dinyatakan MS, kata Tianotak, akan kembali mengikuti tahapan selanjutnya yaitu verifikasi faktual.

“Nanti akan dilakukan verifikasi faktual, dan kemudian verifikasi vaktual perbaikan. Siapa yang memenuhi syarat verifikasi faktual, baru dapat mendaftarkan diri sebagai calon DPD RI,” jelasnya.

Pendaftaran calon anggota DPD RI akan bersamaan dengan DPR RI maupun DPRD kabupaten kota.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Ini Kronologis Kecelakaan di Asilulu, Satu Meninggal, 10 Terluka, Kapolsek: Mobil Tak Mampu Menanjak

AMBONKITA.COM,- Terungkap penyebab terjadinya kecelakaan tunggal yang menewaskan satu orang penumpang di desa Asilulu, Kecamatan…

04/28/2024

Mobil Penumpang Terbalik di Asilulu, Satu Meninggal

AMBONKITA.COM,- Sebuah mobil penumpang berwarna oranye terbalik di tanjakan jalan desa Asilulu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten…

04/27/2024

Mantan Wali Kota Tual Jadi Tersangka, Begini Penjelasan Direktur Krimsus

AMBONKITA.COM,- Penyidik Ditreskrimsus Polda Maluku menetapkan Adam Rahayaan, mantan Wali Kota Tual, sebagai tersangka kasus…

04/26/2024

Sadali Ie Kini Penjabat Gubernur Maluku

AMBONKITA.COM,- Sadali Ie, Sekda Provinsi Maluku resmi dilantik sebagai Penjabat Gubernur Maluku. Ia dilantik Menteri…

04/26/2024

Kapolda Sidak Proses Rekrutmen Polri di SPN Passo

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, melakukan sidak proses rekrutmen Polri di SPN Polda…

04/26/2024

Mahasiswa di Ambon Ditemukan Tewas Gantung Diri

AMBONKITA.COM,- Marcelino Lattu, mahasiswa salah satu perguruan tinggi di kota Ambon, ditemukan tewas gantung diri…

04/26/2024