Categories: Ambonkupendidikan

Jelang PTM Terbatas 2022, Sekot Ambon Tinjau Kesiapan Sejumlah SMP

Share

AMBONKITA.COM,- Mengawali tugasnya sebagai Sekretaris Kota (Sekota) Ambon yang baru, Agus Ririmasse, meninjau sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) penggerak di Kota Ambon, Senin (27/12/2021).

Kunjungan kerja perdana yang dilakukan ini untuk memastikan kesiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas. PTM rencananya dilangsungkan pada Januari 2022 mendatang.

Pantauan AmbonKita.com, sejumlah sekolah penggerak yang didatangi langsung yaitu SMP Negeri 13, SMP Negeri 7, SMP Santo Andreas, SMP Negeri 6, SMP Kristen, SMP Negeri 4, dan SMP Negeri 2 Ambon.

Dalam pantauannya, mantan Kadis Dukcapil Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, ini meninjau sejumlah ruangan dan fasilitas sekolah. Seperti ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS), ruang belajar tatap muka, toilet (WC), ketersediaan air bersih, tempat cuci tangan, dan perlengkapan protokol kesehatan lainnya.

Orang nomor 3 di lingkungan Pemerintahan Kota Ambon itu, juga menanyakan tentang keikutsertaan vaksinasi covid-19 oleh dewan guru dan pegawai sekolah yang disambangi. Umumnya setiap sekolah yang dituju semuanya sudah melaksanakan vaksinasi.

Tidak hanya itu, Agus juga memberikan sejumlah saran dan masukan kepada Kepala Sekolah atas kekurangan yang ditemukan dalam kunjungannya seperti lampu penerangan, dan sebagainya terkait rencana tatap muka nanti.

Sekretaris Kota Ambon Agus Ririmasse, tampak meninjau ruang pembelajaran tatap muka di SMP Negeri 2 Ambon, Senin (27/12/2021). (Foto: Husen Toisuta)

“Kita utamakan SMP karena ini sudah vaksin, sehingga arahan bapak Wali kota dan Wakil wali kota kepada saya selaku sekretaris kota Ambon untuk turun meninjau secara langsung sekolah-sekolah yang sudah melaksanakan vaksin di atas 80 persen untuk dapat melaksanakan proses belajar mengajar secara langsung dan terbatas,” kata Agus kepada wartawan di Balai Kota Ambon.

Rencana akan digelarnya PTM secara terbatas ini disesuaikan dengan instruksi Menteri Dalam Negeri terkait dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Level I.

“Sehingga ada 12 sekolah yang dapat dilaksanakan proses pembelajaran tatap muka secara terbatas. Tadi kita kunjungi yaitu SMP 13, SMP 7, SMP Santo Andreas, SMP 6, SMP Kristen, SMP 4, dan SMP 2 Ambon,” ungkapnya.

Dalam pantauannya, Agus mengaku dewan guru pada sekolah yang dituju sudah mencapai 80 sampai 100 persen ikut vaksinasi covid-19. Olehnya itu, sekolah-sekolah tersebut layak melaksanakan PTM secara terbatas.

“Waktu kapan (dilakukan PTM) nanti ada surat edaran yang disampaikan kepada masing-masing sekolah,” ujarnya.

Agus mengaku, masih terdapat 5 SMP lagi yang rencananya akan dikunjungi pada Selasa besok (28/12/2021).

“Ada lima SMP lagi yang besok kita kunjungi yaitu SMP Negeri 8 Hutumuri, SMP 18 Ema, SMP 9 Lateri, SMP 3 Hative, dan SMP Kalam Kudus. Jadi totalnya 12 sekolah,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, rencana pelaksanaan PTM secara terbatas pada 2022 mendatang merupakan bentuk dari perhatian Pemerintah Kota Ambon terkait nasib generasi muda.

“Ini bentuk perhatian dari bapak Wali kota dan Wakil wali kota kepada nasib generasi muda kita,” pungkasnya.

Penulis: Husen Toisuta

Recent Posts

DPRD Maluku Temui Kepala BNN RI Bahas Masalah Narkotika

AMBONKITA.COM,- Anggota DPRD Provinsi Maluku yang dipimpin langsung oleh Ketua Benhur G. Watubun, menemui Kepala…

04/30/2024

Daftar di PDIP Ambon, Agus Ririmasse: Kiranya Saya Bisa Dapat Rekomendasi

AMBONKITA.COM,- Agus Ririmasse, bakal calon Wali Kota Ambon, resmi mendaftar di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan…

04/30/2024

Nasionalisme Masyarakat Meningkat, Kapolda: Jaga Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepolisian Daerah Maluku melaksanakan kegiatan Bakti Polri Presisi selama lima hari sejak tanggal 23…

04/30/2024

Sepekan, NasDem Maluku Buka Pendaftaran Bacalkada

AMBONKITA.COM,- Hanya sepekan Partai Nasional Demokrat (NasDem) Maluku membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah (Bacalkada)…

04/30/2024

Tusuk Anak Bawah Umur dengan Sangkur, Warga Tulehu Ditangkap

AMBONKITA.COM,- Tak butuh waktu lama bagi polisi untuk menangkap AM alias Nando, warga dusun Hurnala,…

04/30/2024

Ini Kronologis Kecelakaan di Asilulu, Satu Meninggal, 10 Terluka, Kapolsek: Mobil Tak Mampu Menanjak

AMBONKITA.COM,- Terungkap penyebab terjadinya kecelakaan tunggal yang menewaskan satu orang penumpang di desa Asilulu, Kecamatan…

04/28/2024