Categories: DaerahkuMaluku

Kurangi Beban Puncak, PLN Ambon Mohon Bantuan Pelanggan Siapkan Captive Power

Share

AMBONKITA.COM,- PLN hingga saat ini terus berupaya menormalkan sistem kelistrikan pasca terjadinya blackout akibat gangguan pada kapal Barge Mounted Power Plant (BMPP).

Kepala PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ambon, Yusrizal, mengatakan, berbagai langkah strategis sedang dilakukan pihaknya saat ini.

“PLN tentu saja akan berusaha secepat mungkin. Sehingga ada dua langkah yang disiapkan, baik itu jangka pendek maupun jangka menengah,” kata Yusrizal saat Ngobrol Bareng Terasmaluku.com di Kantor PLN UP3 Ambon, Rabu (11/5/2022).

Ia mengungkapkan, jangka menengah yang kini sedang dilakukan yaitu memperbaiki jalur evakuasi BMPP agar menjadi lebih baik. Sementara jangka pendeknya menyiapkan pengaturan sistem kelistrikan untuk melayani pelanggan.

Bahkan, kata Yusrizal, pihaknya memohon kesediaan atau bantuan dari pelanggan khusus maupun pelanggan lainnya agar dapat menyiapkan captive power atau genset.

“Kita minta bantuan kembali dari captive power mohon kesediaannya saat beban-beban puncak tertentu pada malam hari, kami minta kerelaannya untuk kita pelanggan untuk standby genset yang dimiliki,” pintanya.

BACA JUGA: Kapal BMPP Gangguan, Tiga Pembangkit Listrik di Ambon Ini Kembali Diaktifkan

Captive power, kata Yusrizal merupakan istilah bagi pelanggan yang mempunyai pembangkit sendiri seperti misalnya Ambon City Center (ACC), Maluku City Mall (MCM), Farmer, dan sebagainya.

“Kita sampaikan terima kasih karena mereka sudah turut serta menjaga pelanggan di Kota Ambon ini agar tidak meluas terjadinya pemadaman, dan bisa jadi ada pelanggan-pelanggan berpotensi yang ada captive powernya juga,” pintanya.

Kendati sistem kelistrikan saat ini masih terus diperbaiki, namun PLN, tambah dia, tetap memprioritaskan pelanggan spesial seperti Rumah Sakit, khususnya saat akan melakukan operasi.

“Rumah sakit juga kita prioritaskan, dan mereka juga menyiapkan genset,” tambah dia.

Selain itu, Yusrizal juga berharap minimarket-minimarket di Ambon agar dapat membantu dan bersedia pada jam-jam tertentu bisa menggunakan genset sendiri.

“Kami juga harapkan minimarket pada jam-jam tertentu, kami mohon kesediaannya pada saat beban beban tinggi itu dilepas (pakai genset sendiri) dulu,” harapnya.

Yusrizal berharap, dengan beberapa langkah yang telah dan akan dilakukan tersebut, maka perbaikan sistem, khususnya pada BMPP segera diselesaikan.

“Mudah-mudahan ini yang bisa membantu kami. Kita memohon kepada pelanggan yang mempunyai genset sendiri untuk stand by seandainya jika ada beban puncak mereka pakai mesin mereka dulu. Ini yang sementara direncanakan dari teman teman-teman pembangkitan, sambil menyiapkan BMPP,” jelasnya.

Untuk diketahui, beban puncak di Ambon sendiri pada siang hari sekira pukul 13.00-14.00 WIT mencapai 56 MegaWhat (MW). Sementara pada malam hari sebesar 60 MW. Saat ini, sistem pada BMPP masih terus diperbaiki petugas PLN.

“Puncak malam itu sebesar 60 MW, kita ada (PLTMG) Ambon Peaker sebesar 35 MW, ditambah BMPP 60 MW, berarti kita sudah punya 95 MW. Belum lagi ditambah kita punya cadangan lain (di Galala, Poka, Waai). Jadi sebenarnya sudah cukup,” tandasnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Jelang Pilkada, Yani Kubangun Ajak Media tidak Menebar Kebencian

AMBONKITA.COM,- Menjelang perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada), jurnalis senior Maluku, Muhammad Yani Kubangun, mengajak media…

05/18/2024

Raja Dullah Kota Tual Ajak Warga Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Rat atau Raja Dullah, Kota Tual, Bayan Renuat, menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama aparat…

05/18/2024

Calon Taruna Akpol Tes Akademik CAT, Kapolda: Tes Dipantau Langsung oleh Pengawas Eksternal dan Mabes Polri

AMBONKITA.COM,- Calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di wilayah Polda Maluku mengikuti tes Computer Assisted Test…

05/18/2024

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024

Siboalamo Siap Ambil Alih Blok Migas Bula

AMBONKITA.COM,- Kabupeten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan satu-satunya daerah penghasil minyak bumi di Maluku yang sudah…

05/16/2024