Categories: AmbonkuHeadline

Pansus Covid-19 DPRD Ambon Minta PSBB Tidak Diperpanjang

Share

AMBONKITA.COM,-Pansus Covid-19 DPRD Kota Ambon mengeluarkan rekomendasi kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon. Rekomendasi tersebut agar Pemkot Ambon  tidak memperpanjang pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Ambon.

Pasalnya, saat pemberlakuan PSBB hingga saat ini terdapat banyak keluhan dari masyarakat maupun pedagang. Selain itu terdapat beberapa kali unjukrasa yang dilakukan oleh mahasiswa maupun para pedagang Mardika di Balai Kota Ambon maupun DPRD.

“Kita minta agar Perwali nomor 18 tahun 2020 tentang PSBB dicabut, dan masuk pada new normal,” kata Ketua Pansus DPRD Kota Ambon, Jhony Wattimena saat memberikan keterangan pers di Kantor DPRD Kota Ambon, Kamis (2/7/2020).

Jhony mengatakan rekomendasi ini dikeluarkan dengan mempertimbangkan beberapa aspek untuk kepentingan masyarakat. Sehingga aktifitas ekonomi masih tetap bisa berjalan dengan mengikuti protokol kesehatan.

“Mengusulkan peraturan baru dengan memperhatikan kepentingan masyarakat, sehingga aturan ini untuk melonggarkan aktifitas ekonomi dengan mengikuti protokol kesehatan untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kota Ambon Rustam Latupono mengatakan, rekomendasi yang dikeluarkan Pansus Covid-19 DPRD Kota Ambon terkait peninjauan kembali PSBB adalah pikiran yang produktif. Karena pada masa PSBB ini masih banyak yang memprotes.

“Karena melihat dari sisi ekonomi dan sosial, maka rekomendasi Pansus akan menjadi rekomendasi DPRD kepada Pemerintah Kota Ambon untuk dievaluasi pelaksanaan PSBB,” katanya.

Bagi Rustam, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PKM) masih lebih baik karena aktifitas masyarakat di pasar tetap berjalan walau meski waktunya dibatasi.

Sehingga tambah dia, jika PSBB ini masih mau diperpanjang oleh Pemkot Ambon, maka pemerintah harus memikirkan dampak ekonomi dan memberikan bantuan kepada pedagang dan karyawan yang terdampak.

“Ini persoalan makan, masyarakat akan mengikuti aturan pemerintah jika kebutuhan perut sudah terselesaikan,” katanya. (ALFIAN SANUSI)

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024