Categories: Ambonku

Pembukaan Sidang Jemaat GPM Passo Anugerah, Ini Pesan Wagub Maluku

Share

AMBONKITA.COM,- Pembukaan Persidangan ke-V Jemaat GPM Passo Anugerah Klasis Pulau Ambon Timur, resmi digelar, Minggu (20/2/2022). Kegiatan yang berlangsung di Gereja Jati Jemaat GPM Passo Anugerah ini dihadiri Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Nathaniel Orno.

Pembukaan persidangan ditandai dengan pemukulan tifa oleh Ketua Majelis Klasis Pulau Ambon Timur, Jemy Sitanala.

Wakil Gubernur (Wagub) Maluku, Barnabas Nathaniel Orno, atas nama Pemerintah Daerah (Pemda), memberikan apresiasi dan menyambut gembira pelaksanaan persidangan sebagai bagian dari proses pembinaan serta pengembangan Jemaat GPM Passo Anugerah.

Gereja, kata dia, terpanggil untuk melaksanakan amanat Agung Kristus yang berlaku sepanjang masa, sesuai Tri tugas gereja, yaitu Bersaksi (Marturia), Bersekutu (Koinonia) dan Melayani (Diakonia).

“Oleh karena itu, gereja dipanggil menjadi saksi Kristus di tengah dunia,” ungkap Barnabas.

Dalam melaksanakan tugas kenabiannya, kata Barnabas, gereja harus selalu berjuang dengan berbagai cara sehingga keadilan, kejujuran dan kesejahteraan masyarakat dapat diwujudkan.

Tantangan gereja masa kini, ucap Barnabas, sangat kompleks di tengah-tengah kehidupan masyarakat yang pluralis. Sebagai garam dan terang, gereja mempunyai berbagai peranan, baik secara individual maupun organisasi, serta dalam segala bidang untuk menatalayani masyarakat.

Bahkan, lanjut dia, keterlibatan gereja dalam sektor publik tentunya merupakan bentuk reflektif iman Kristiani terhadap lingkungan sekitarnya.

“Disadari oleh kita semua, bahwa anggota jemaat yang juga sebagai warga masyarakat, setiap hari harus menghadapi permasalahan baik sosial, politik dan ekonomi, karena itu, gereja tidak bisa lepas dari realitas yang dihadapi jemaatnya. Dengan demikian, gereja harus terbuka, dinamis, dialogis terhadap dinamika dan situasi perkembangan dalam masyarakat, melalui sikap positif, kritis, kreatif dan realistis,” ujarnya.

Barnabas mengaku, persidangan jemaat merupakan forum tertinggi pengambilan keputusan dalam struktur organisasi gereja tingkat jemaat. Dengan demikian, persidangan jemaat GPM Passo Anugerah saat ini hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai media untuk mengevaluasi program kerja dan kegiatan tahun sebelumnya serta menyusun program dan kegiatan kedepan.

Ia berharap pihak gereja dapat membangun komunikasi, koordinasi dan sinergitas bersama seluruh pemangku kepentingan dalam rangka meningkatkan kualitas pembinaan dan penatalayanan di Jemaat GPM Passo Anugerah.

Selain itu, Barnabas juga mengaku Pemda Provinsi Maluku saat ini berupaya untuk mewujudkan visi pembangunan Maluku 2019-2024, yaitu “Mewujudkan Maluku yang terkelola secara jujur, bersih dan melayani, terjamin dalam kesejahteraan, dan berdaulat atas gugusan kepulauan”.

“Untuk itu, saya memohon dukungan dari seluruh elemen masyarakat Maluku, termasuk Jemaat GPM Passo Anugerah untuk mendukung sepenuhnya upaya kita dalam mewujudkan visi tersebut,” pintanya.

Menurutnya, upaya pembinaan dan penatalayanan yang dilaksanakan oleh gereja selama ini tentunya akan membangun dan menginspirasi kesadaran jemaat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta menghormati, menghargai dan mempererat keberagaman, yang pada akhirnya akan membangun kekuatan persatuan dan kesatuan masyarakat.

“Kesadaran untuk terus membangun komitmen hidup damai dalam ikatan masyarakat yang majemuk dan beragam, tentunya akan memberikan inspirasi dan imajinasi kreatif kepada seluruh masyarakat untuk membangun dan mengembangkan pemikiran-pemikiran sehat, kritis dan konstruktif, yang mampu meningkatkan spirit optimism yang luhur dan mulia dalam mewujudkan kehidupan masyarakat yang damai, sejahtera dan berkeadilan,” pungkasnya.

Editor: Husen Toisuta

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024