Categories: DaerahkuHeadline

Proyek Talud Penahan Tiang Balai Jalan dan Jembatan Maluku Dipersoalkan DPRD SBT

Share

AMBONKITA.COM,-Komisi C DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) menilai pekerjaan talud penahanan tiang jembatan Wailola Besar, Desa Lemumir, Kecamatan Bula oleh Balai Jalan dan Jembatan Wilayah Maluku tidak tepat sasaran.

Pembangunan telud penagkal tiang jembatan itu seharusnya dikerjakan pihak Balai Sungai, bukan Balai Jalan dan Jembatan. “Pekerjaan itu sebenarnya dikerjakan Balai Sungai. Bukan Balai Jalan dan Jembatan. Karena itu sangat tidak tepat sekali,” kata anggota Komisi C DPRD SBT Costansius Kolatfeka kepada wartawan di Bula, Jumat (24/7/2020).

Akibatnya, masyarakat di sungai sekitar dibuat panik saat turun hujan. “Sayang sekali masyarakat yang bermukim di lokasi tersebut dibuat panik saat hujan,” tutur mantan Ketua Kalesang Maluku itu.

Selaku Ketua Fraksi Gerindra DPRD, Kolatfeka mengatakan akan menyampaikan masalah tersebut kepada pimpinan Komisi C dan DPRD, agar memanggil Balai Jalan dan Jembatan Maluku untuk dimintai pertanggungjawaban.

Haris Kelilauw, warga sekitar lokasi proyek menilai pekerjaan pembangunan talud proyek  Balai Jalan dan Jembatan Maluku itu diduga tidak memiliki Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

“Pekerjaan ini dugaan saya, tidak memiliki Amdal. Karena dampaknya saat hujan, abrasi besar-besaran terjadi dilingkungan sekitar. Hingga membuat kami panik dan takut,” ungkap Haris.

Haris yang juga Plt LSM Kalesang Maluku minta Balai Jalan dan Jembatan Maluku itu untuk menunjukkan Amdal. Sebab pekarjaan talud itu, sudah tidak sesuai. Tapi sayangnya, tidak ada bukti soal dokumen Amdal.

Untuk itu Haris mengharapkan, secapatnya pihak balai melaksankan normalisasi. Jika tidak, jumlah dukungan masyarakat yang sudah dikantongi membijaki persoalan ini, akan dilaporkan pada pihak berwajib. (Sofyan Kastela)

Recent Posts

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024

DPRD Maluku Temui Kepala BNN RI Bahas Masalah Narkotika

AMBONKITA.COM,- Anggota DPRD Provinsi Maluku yang dipimpin langsung oleh Ketua Benhur G. Watubun, menemui Kepala…

04/30/2024