Tiga Korban Kekerasan Seksual di Ambon Dapat Bantuan Rumah dari Mensos RI

Share

AMBONKITA.COM,- Tiga perempuan kakak beradik, yaitu IGH (18), EDH (25), dan LVH (27), korban kekerasan seksual, masing-masing mendapat bantuan satu rumah dari Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini.

Tiga unit rumah yang didapat berlokasi di Perumahan Bukit Hijau Urimesing, kota Ambon. Bantuan itu diserahkan melalui Kepala Sentra Wasana Bahagia di Ternate, Dr. Udan Suheli di Perumahan tersebut, Jumat (19/8/2022).

Mereka yang mendapat bantuan rumah adalah korban kekerasan seksual yang dilakukan oleh ayah kandung sendiri. Kasus itu terungkap pada Juni 2022 lalu.

Kepala Sentra Wasana Bahagia di Ternate, Dr. Udan Suheli, mengungkapkan, bantuan yang diberikan merupakan atensi dari Menteri Sosial (Mensos).

Bantuan diberikan setelah Mensos mendapat informasi yang sempat viral melalui media online. Yaitu mengenai kekerasan seksual yang dilakukan seorang ayah kepada lima anak perempuannya, dan dua orang cucunya.

“Kami diperintahkan oleh Ibu Menteri Sosial untuk mengadakan asesmen untuk permasalahan tersebut,” kata Udan Suheli kepada wartawan di Ambon usai penyerahan rumah.

BACA JUGA: Kakek di Ambon Ini Setubuhi Lima Anak Kandung dan Dua Cucu

Setelah mendapat atensi Mensos, Suheli mengaku sejumlah tim kemudian dikerahkan ke Ambon melalui Balai Wasana Bahagia di Ternate. Tim yang turun dari Direktorat Anak di Jakarta, kemoterapi, phsikolog, dan pekerja sosial dari Balai Wasana Bahagia di Ternate. Kedatangan tim didampingi Dinas Sosial kota Ambon.

“Dari hasil asesmen ternyata permasalahan yang paling pokok di lihat adalah rumahnya. Jadi rumah yang ditempati para korban dihuni oleh 11 jiwa. Jadi tidak kondusif lagi,” ungkapnya.

Selain itu, hasil asesmen juga diberikan bantuan sebesar Rp 27 juta, berupa kasur, peralatan rumah tangga, nutrisi anak, biaya pengobatan, termasuk pengobatan bayi.

“Bantuan itu sudah diberikan Mensos melalui atensi Balai Wasana Bahagia di Ternate. Kami juga diintruksikan oleh ibu Menteri akan memberikan bantuan rumah untuk tiga rumah di sini. Ibu menteri memberikan bantuan yang sudah diserahkan ini yaitu kurang lebih Rp 504 juta untuk tiga unit rumah di perumahan sini,” jelasnya.

Page: 1 2

Recent Posts

Ini Kronologis Kecelakaan di Asilulu, Satu Meninggal, 10 Terluka, Kapolsek: Mobil Tak Mampu Menanjak

AMBONKITA.COM,- Terungkap penyebab terjadinya kecelakaan tunggal yang menewaskan satu orang penumpang di desa Asilulu, Kecamatan…

04/28/2024

Mobil Penumpang Terbalik di Asilulu, Satu Meninggal

AMBONKITA.COM,- Sebuah mobil penumpang berwarna oranye terbalik di tanjakan jalan desa Asilulu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten…

04/27/2024

Mantan Wali Kota Tual Jadi Tersangka, Begini Penjelasan Direktur Krimsus

AMBONKITA.COM,- Penyidik Ditreskrimsus Polda Maluku menetapkan Adam Rahayaan, mantan Wali Kota Tual, sebagai tersangka kasus…

04/26/2024

Sadali Ie Kini Penjabat Gubernur Maluku

AMBONKITA.COM,- Sadali Ie, Sekda Provinsi Maluku resmi dilantik sebagai Penjabat Gubernur Maluku. Ia dilantik Menteri…

04/26/2024

Kapolda Sidak Proses Rekrutmen Polri di SPN Passo

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, melakukan sidak proses rekrutmen Polri di SPN Polda…

04/26/2024

Mahasiswa di Ambon Ditemukan Tewas Gantung Diri

AMBONKITA.COM,- Marcelino Lattu, mahasiswa salah satu perguruan tinggi di kota Ambon, ditemukan tewas gantung diri…

04/26/2024